My Micro Four Thirds Lenses :)


Setelah di tulisan sebelumnya dibahas kenapa memilih kamera Panasonic Lumix GM1, di tulisan kali ini gw mau berbagi sedikit pengalaman menggunakan lensa-lensa kamera gw yang bersensor micro four thirds yang bisa digunakan untuk merek Lumix, Olympus, Black Magic, Yi Camera dan kamera lainnya yang menggunakan sistem micro four thirds. Siapa tahu ada teman-teman yang sedang mencari referensi lensa buat kamera micro four thirds nya hehe.

Beberapa lensa yang gw punya sih Lumix kit lens 12 - 32 mm, Olympus prime lens 25 mm f 1.8, dan Lumix zoom lens 45 - 200 mm. Sebelum kita membeli lensa pastikan sesuai dengan gaya memotret teman-teman semua. Kalo gw sih cenderung ke potrait, street photography, toy photography dan sesekali memotret hewan. Yaa buat gw dengan lensa gw punya ini sudah cukup mumpuni untuk memenuhi kebutuhan fotografi gw. Mungkin jika punya lensa wide akan lebih menarik untuk foto landscape hihihi.

1. Kit Lens Lumix 12 - 32 mm

sumber gambar: http://amazon.com

Nah kalo ini sih lensa bawaannya Lumix GM1, dengan kit lens ini gw mulai menikmati fotografi dan mencari gaya fotografi apa yang cocok. Performa lensa ini sih cukup baik sebagai lensa bawaan kamera. Walau sudah memiliki lensa yang lain, lensa ini masih sering juga gw gunakan saat butuh foto pemandangan, selfie, ataupun dalam membuat video. Karena ini merupakan lensa paling lebar yang gw punya yaitu 12 mm (setara 24 mm dalam full frame).

Contoh foto menggunakan kit lens Lumix 12 - 32 mm:





2. Lumix Zoom Lens 45 - 200 mm
sumber gambar: http://amazon.com

Lensa ini merupakan lensa kedua yang gw punya setelah sebelumnya ngga kepikiran untuk nambah lensa baru. Lensa ini menurut gw lensa zoom yang sangat menakjubkan untuk ukuran sekecil ini karena dengan jarak 45 - 200 mm itu sama saja dengan jarak 90 - 400 mm dalam kamera full frame. Sehingga dengan lensa zoom sekecil ini kita bisa menjangkau jarak yang jauh sekalipun dan performa dept of field lensa ini juga cukup baik. Lensa ini dilengkapi dengan OIS yang bisa dimatikan ataupun dinyalakan namun jika kamera kita tidak ada in body stabilizer lebih baik fitur OIS dinyalakan untuk mengurangi efek guncangan yang membuat gambar jadi kurang tajam.

Contoh foto menggunakan zoom lens Lumix 45 - 200 mm:





3. Olympus 25 mm f1.8
sumber gambar: http://amazon.com

Nah kalo ini merupakan lensa favorit gw saat ini lensa prime atau fix ini sendiri memiliki jarak 25 mm atau setara dengan 50 mm dalam ukuran full frame. Banyak fotografer yang menyarankan jarak 50 mm sebagai lensa fix ideal karena hampir mirip dengan jarak mata manusia. Lensa ini performanya sangat cepat dan dengan f1.8 performa lensa ini dalam keadaan kurang cahaya juga sangat baik. Dengan lensa ini efek bokeh yang didapat sangat baik sehingga hasil foto yang didapatkan baik potrait maupun (hampir) makro juga memuaskan.

Contoh foto menggunakan fix lens Olympus 25 mm f1.8:







Ya itu semua lensa yang gw gunakan dalam menghasilkan foto, semoga bisa membantu teman-teman dalam memilih lensa untuk kamera micro four thirds dan bisa menghasilkan karya-karya yang bagus tentunya. Oh iyaa kalo mau lihat hasil foto amatir gw bisa langsung ke http://instagram.com/rizkyprawinto :p


Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto