Mesh Wifi System & Artificial Intelligence Assistant Sebagai Dasar dari Konsep Rumah Pintar


Sumber gambar: https://theappsolutions.com

Pada tulisan kali ini gw ingin memberikan opini tentang pentingnya mesh wifi system dan Artificial Intelligence Assistant sebagai dasar atau pusat dari konsep rumah pintar. Dengan makin banyaknya perangkat rumah yang terhubung ke internet atau biasa disebut internet of things (IoT). Nah perangkat yang masuk kategori ini beragam seperti tv pintar, kulkas pintar, kamera cctv, chromecast, lampu pintar dan masih banyak lagi perangkat pintar lainnya yang membutuhkan koneksi internet yang prima.

Nah disini peran mesh wifi system dibutuhkan untuk menunjang performa perangkat IoT. Jika menggunakan perangkat router biasa plus dengan repeater biasanya saat banyak perangkat yang terkoneksi dengan router tersebut akan sangat mengurangi kecepatan internetnya karena router biasa tidak mampu untuk memprioritaskan koneksi tersebut. Akan lebih buruk lagi performa yang didapat jika kita terkoneksi melalui repeater wifi. Mesh wifi system sendiri seingat gw dipopulerkan oleh eero. Biasanya mesh wifi system dijual sebagai satuan atau paket berupa 3 buah mesh wifi system. Kelebihan dari mesh wifi system ini sendiri pengaturan yang mudah karena biasanya terdapat aplikasi di smartphone lalu mereka mampu memprioritaskan koneksi yang membutuhkan kecepatan tinggi dan mengurangi congestion. Selain itu mesh wifi system sendiri yang terdiri dari 2 buah atau lebih akan memberikan kecepatan yang sama baiknya dan jarak yang lebih jauh dibandingkan dengan menggunakan router wifi konvensional plus repeater. Dengan mesh wifi system sendiri keamanan jaringan juga akan lebih aman karena mesh wifi system ini sendiri akan dapat mengupdate softwarenya secara Over The Air (OTA) secara otomatis sehingga lebih aman dan fitur yang didapat akan bertambah. 

Perangkat mesh wifi system ini sendiri pemainnya sudah lumayan banyak seperti eero, google wifi, samsung connect home, netgear orbi, linksys velop dan lain sebagainya. Mungkin kekurangan mesh wifi system saat ini adalah harganya yang cenderung mahal untuk sebuah router wifi sehingga banyak orang yang masih enggan untuk membelinya. Namun seiring berjalannya waktu harga pasti turun ditambah saat makin banyaknya pemain dari negeri tirai bambu di segmen ini. Saat harga mulai realistis tidak ada salahnya membeli perangkat mesh wifi system ini untuk menunjang performa internet di rumah kita.

Video Mesh Wifi System:



Berikutnya adalah perangkat kecerdasan buatan di rumah. Memang saat ini Artificial Intelligence (AI) sudah ada digunakan di berbagai macam perangkat seperti siri pada apple, google assistant pada android, cortana punya microsoft dan lain sebagainya, Namun kali ini gw lebih membahas perangkat AI yang khusus dibuat sebagai asisten di rumah. Saat ini ada dua perangkat yang masuk kategori ini yaitu amazon echo yang berbasis alexa dan google home yang berbasis google assistant walau rumornya pada tahun 2017 ini apple akan membuat perangkat yang masuk kategori ini yang berbasiskan siri.

Dengan perangkat AI home assistant ini sendiri kita bisa mengontrol semua perangkat pintar di rumah yang telah didukung oleh platform home assistant kita melalui perintah suara. Dengan home assistant ini kita bisa mengontrol lampu pintar kita, menyalakan televisi, memutar musik, bahkan memberi tahu cuaca maupun info-info terkini yang kita tanayakan selain itu dengan perangkat home assistant ini kita bisa juga untuk memesan layanan transportasi seperti uber. Potensi perangkat AI home assistant ini masih belum digali semuanya.

Saat semua potensi AI itu telah dimaksimalkan maka kita akan seperti memiliki jarvis di rumah :)

Video AI Home Assistant: