Pentingnya Recovery Code Pada Two Step Verification

Sumber gambar: http://msg91.com

Pada tulisan gw sebelumnya gw pernah bahas cara meningkatkan keamanan account digital kita agar semakin aman. Nah cara yang gw maksud adalah dengan two step verification atau two factor authentication. Dengan metode ini para hacker akan lebih sulit membajak account kita walaupun mereka memiliki username dan password kita namun mereka akan kesulitan masuk tanpa kode OTP yang kita punya.

Kebetulan gw menggunakan two step verification berbasis SMS tidak menggunakan aplikasi offline seperti Google Authenticator. Nah kebetulan karena kemarin gw ganti hp baru hampir semua account gw bisa login dengan aman karena menerima OTP nah saat akan login ke instagram gw kesulitan menerima SMS OTP nya sehingga gw tidak dapat masuk ke instagram gw sendiri dan ternyata teman gw yang baru mengganti hp juga mengalami hal yang sama.

Kebetulan dulu sekali saat gw mengaktifkan two step verification pada semua account gw sekaligus menyimpan recovery code yang bisa digunakan apabila kita tidak menerima OTP. Setelah gw cari file recovery code instagram yang pernah gw simpan akhirnya gw bisa login kembali ke instagram.

Nah dari pengalaman ini gw hanya ingin memberikan saran kepada teman-teman semua yang mengaktifkan two step verification agar meyimpan juga recovery code nya di tempat yang aman secara offline atau di layanan cloud yang terpercaya karena bukan tidak mungkin kita akan kesulitan menerima OTP terutama layanan instagram yang beberapa kali mengalami gangguan padahal induknya facebook selalu tanpa masalah dalam pengiriman OTP ke pelanggan.

Untuk mencari lokasi dimana menemukan recovery code di masing-masing layanan bisa dicoba googling yaa teman-teman :)

Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto