Perkembangan Smartwatch yang Semakin Pesat


Perkembangan jam tangan pintar atau smartwatch semakin pesat dari mulai kelas entry level sampai high end. Mungkin booming smartwatch pertama kali adalah saat pebble meluncurkan pebble generasi pertama melalui kickstater yang bisa digunakan di iOS maupun Android.

Setelah booming pabrikan besar seperti Samsung, Apple, dan Google mulai bergerak untuk membuat smartwatch versi mereka masing-masing. Namun Google sepertinya agak ngos-ngosan dengan Wear OS nya yang bisa digunakan di iOS dan Android walau jika menggunakan android akan lebih maksimal dikarenakan mereka ditinggal partner hardware andalan mereka siapa lagi kalo bukan Samsung yang lebih memprioritaskan Tizen OS pada smartwatch buatan mereka yang bisa digunakan di iOS dan Android juga dan sama seperti Wear OS pengalaman akan lebih maksimal jika menggunakan android terlebih android buatan samsung. Nah kalo Watch OS milik Apple Watch ekslusif untuk pengguna iPhone dan memang akan sangat maksimal jika dipasangkan dengan perangkat iOS tersebut. Atau jika ingin mencoba merek lain bisa melirik Fitbit yang produknya menarik dan lebih dikhususkan fitur olahraganya (Fitbit sendiri telah membeli Pebble secara keseluruhan).

Saat ini merk-merk mewah pun ikut terjun ke pasar jam tangan pintar ini seperti Tag Heuer, Louis Vuitton, Montblanc, Emporio Armani dan lain sebagainya. Walau harganya mahal namun jam tangan pintar mewah ini rata-rata menggunakan Google Wear OS sebagai operating systemnya sehingga jika kita mencari fitur tidak akan berbeda jauh dari perangkat Wear OS yang lebih murah.

Di entry level mungkin merek yang menyita perhatian gw adalah Amazfit yang konon masih ada hubungan dengan Xiaomi. Amazfit sendiri mampu digunakan di perangkat iOS maupun Android. Menurut gw sendiri buat teman-teman yang mau mencoba perangkat smartwatch bisa mencoba amazfit bip terlebih dahulu.

Gw sendiri sudah menggunakan tiga smartwatch yang pertama ada Pebble Time yang hemat baterai lalu Samsung Gear S3 Frontier dengan fitur khas rotating bezel dan desain yang bulat seperti jam tradisional setelah itu gw juga menggunakan Apple Watch Series 2 42mm yang sangat nyaman di tangan dengan digital crown nya. 

Setiap smartwatch yang gw miliki ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan buat teman-teman yang ingin menggunakan jam tangan pintar jangan takut untuk mencoba yaa :)




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...