Menikmati Konten Digital di Era Subscription

Sumber Gambar: inc.com

Di era serba digital saat ini dan akses internet yang semakin cepat maka semakin mudah bagi kita untuk menikmati berbagai layanan hiburan berbasis digital. Saat ini untuk menikmati berbagai macam konten hiburan digital secara legal model bisnis subscription atau berlangganan semakin booming mulai dari musik seperti Spotify, Apple Music, Youtube Music, Deezer, Joox dan lain sebagainya lalu games seperti Apple Arcade, Google Stadia dan lain sebagainya sampai dengan film seperti Netflix, Apple TV+, Disney+, Amazon Prime Video dan lain sebagainya.

Memang dengan model bisnis berlangganan seperti ini akan semakin memudahkan kita menikmati konten digital legal secara mudah dan dapat kita akses dimana saja. Gw sendiri saat ini berlangganan layanan dari Spotify dan Netflix. 

Namun dengan semakin maraknya layanan digital berlangganan saat ini maka diperlukan konten-konten eksklusif untuk mengikat pelanggan menggunakan layanan platform tersebut. Yang gw perhatikan dan cukup menarik adalah di medan pertempuran layanan streaming film. Sejauh ini yang cukup agresif dan memiliki konten ekslusif menarik menurut gw antara Netflix dan Disney+. 

Netflix sebagai pemain lama dan sangat sukses membawa layanan streaming film menjadi gaya hidup baru dalam menikmati film mengikat para pelanggannya dengan berbagai film maupun series yang dibuat eksklusif di layanan mereka.

Sedangkan pemain baru yang sangat berambisi merebut pangsa pasar dari Netflix adalah Disney+. Disney+ sendiri terjun ke industri ini dengan menyiapkan amunisi yang lengkap dari film-film Disney, Pixar, Star Wars, Marvel, National Geographic dan lain sebagainya. Untuk konten-konten eksklusif yang menarik sudah ada line up nya untuk beberapa tahun ke depan dimulai dari Star Wars sampai dengan Marvel. Disini terlihat Disney+ terjun ke industri ini dengan persiapan matang dan memanfaatkan konten dari basis penggemar yang sudah sangat besar.

Jika kedua layanan tersebut sudah bertarung di Indonesia tentu akan menarik. Apakah teman-teman penggemar film sudah siap berlangganan kedua layanan streaming film tersebut sekaligus? Atau berlangganan bergantian? hehe.

Disini lah repotnya kita sebagai pelanggan jika harus membayar lebih untuk menikmati konten eksklusif di platform tertentu. 

Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto