Bagaimana COVID-19 Mengubah Peluncuran Sebuah Produk



Sumber Gambar: launch-marketing.com



Di tengah pendemic COVID-19 ini tidak menyurutkan para perusahaan untuk meluncurkan produk-produk terbaru mereka. Dengan diterapkannya social/physical distancing yang sedang digalakkan oleh WHO dan hampir semua negara di dunia maka para perusahaan harus memutar otak agar produk yang diluncurkan tetap mendapat atensi dari masyarakat.

Beberapa yang menjadi alternatif adalah meluncurkan produk dengan gaya keynote seperti biasa namun bedanya tidak dihadiri oleh penonton dan disiarkan langsung melalui video streaming hal ini dilakukan oleh beberapa perusahaan teknologi serta otomotif seperti OnePlus yang meluncurkan OnePlus 8 Series & Suzuki Indonesia yang meluncurkan Ignis Facelift. Tapi beberapa perusahaan memilih untuk diam-diam saja dan langsung menampilkan produk terbaru mereka di website resmi serta account social media resmi mereka, hal ini dilakukan oleh Apple saat meluncurkan Iphone SE 2020 mereka. Disini bisa dilhat jika perusahaan yang memiliki pengaruh yang sangat besar dalam hal ini Apple tidak perlu melakukan keynote seperti perusahaan sejenis kebanyakan karena peluncuran produk mereka lewat web dan youtube mereka sudah membuat masyarakat khususnya di dunia teknologi heboh mencari informasi produk mereka. 

Khusus Apple kemungkinan mereka sudah percaya diri tidak membuat keynote berkaca dari peluncuran Airpods Pro yang terkesan diam-diam namun tiba-tiba nongol di web dan youtube resmi mereka. Yaa dengan kekuatan brand mereka Airpods Pro yaa laris bak kacang goreng juga sih.

Disini perusahaan-perusahaan sepertinya harus mampu membuat peluncuran produk yang lebih kreatif dan inovatif yang nantinya dapat meningkatkan brand image mereka di tengah pandemi ini. Bukan tidak mungkin saat pandemi ini berakhir akan mengubah cara perusahaan meluncurkan produknya ke masyarakat dengan lebih efisien namun tidak mengurangi esensi dari acara tersebut.

Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto