Authy: Aplikasi Authenticator yang Fleksibel



Di posting blog ini dulu saya pernah menulis tentang pentingnya menggunakann fitur two step verification/two factor authentication (2FA) pada account digital kita. Saat itu masih sedikit layanan digital yang memiliki fitur ini namun saat ini fitur ini hampir ada diseluruh layanan digital untuk mengamankan account kita dari para penyusup.

Pada umumnya layanan 2FA berbasis SMS, Email, Authenticator App, sampai dengan Authentication Key. Nah kali ini saya mau merekomendasikan 2FA berbasis authenticator app, untuk aplikasi ini sebenarnya ada cukup banyak seperti Google Authenticator, Microsoft Authenticator dan lain sebagainya yang pada umumnya dapat diinstal di smartphone kita. Namun kali ini saya merekomendasikan Authy sebagai authenticator app.

Alasan saya memilih Authy adalah aplikasi ini yang pertama mendukung berbagai macam platform seperti Android, iOS, iPadOS, Windows, MacOS dan tidak menutup kemungkinan akan ada di platform lain. Alasan kedua adalah aplikasi ini memiliki fitur back up yang terenkripsi sehingga jika kita mengganti device baru kita hanya perlu menginstall Authy, login dan memasukkan password back up kita maka semua token account digital kita akan otomatis masuk ke device kita yang baru tidak perlu untuk memasukkan manual satu per satu lagi. Lalu yang ketiga aplikasi ini support multi device sehingga semua token yang kita masukkan dapat dilihat di beberapa device kita yang login menggunakan account Authy kita. Yang keempat sih selera sih namun tampilan aplikasinya cukup baik.

Untuk informasi lebih lanjut dapat membuka web https://authy.com/. Saya merekomendasikan semua teman-teman wajib mengaktifkan fitur 2FA ini di semua platform digital yang memiliki fitur ini karena keamanan digital saat ini sangat penting untuk diperhatikan, minimal teman-teman mengaktifkan 2FA berbasis SMS. Selamat mencoba ya teman-teman.



Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto