Saat Cloud Storage Semakin Memudahkan Aktifitas di Rumah

Sumber gambar: http://getfilecloud.com 

Semoga teman-teman semua sehat-sehat selalu ya dalam masa pandemi COVID-19 ini. Tentu saat ini banyak teman-teman semua yang saat ini beraktifitas di rumah baik itu belajar maupun bekerja. Mungkin teman-teman yang mengenal saya lama tahu kalo saya sangat bergantung dengan cloud storage terutama Google Drive untuk urusan personal dan Sahabat Motret. Nah karena saat ini kegiatan Work From Home (WFH) makin sering dilakukan dan terkadang file yang ada di hard disk tumpang tindih dengan file di komputer kantor maupun laptop  jika ingin mengupdate data tentu sangat merepotkan jika kita salah mengambil file yang terbaru.

Karena komputer kantor agak sulit untuk menginstall aplikasi baru dan karena pada dasarnya ngga mau ribet yaudah akhirnya saya login account Microsoft OneDrive di komputer kantor karena pada dasarnya aplikasi OneDrive sudah terinstall di Windows. Nah saya tinggal pindahkan semua file kantor saya di OneDrive lalu menginstall aplikasi OneDrive di Macbook, iPad dan iPhone saya.

Selain memisahkan cloud storage personal di Google Drive & kerja di Microsoft OneDrive termyata ada satu kelebihan OneDrive yang membuat memory laptop kita tidak terlalu penuh yaitu adanya fitur Files on Demand yang membuat laptop kita tidak mendownload seluruh file di OneDrive tetapi hanya nama filenya saja, file tersebut akan terdownload jika kita ingin membuka file tersebut.

Selain itu dengan cloud strorage yang selalu ter sync maka file tersebut dapat saya akses baik melalui web,  laptop, tablet bahkan smartphone. Selain itu jika kita mengupdate file tersebut maka akan otomatis terupdate di semua perangkat sehingga kita tidak bingung untuk mencari mana file yang terbaru. Selain itu jika ingin berkolaborasi dengan tim kita tinggal membuat share file/folder kita menggunakan link sehingga dapat dengan mudah bekerja dalam kolaborasi tim.

Ya sejak menggunakan cloud storage dalam bekerja dan kebutuhan personal kadang rasanya penggunaaan hard disk/SSD ekternal menjadi kurang relevan namun perlu diingat jika kapasitas memory cloud storage kita sudah habis kita harus berlangganan untuk kapasitas memory tertentu. Namun ada beberapa Cloud Storage yang memiliki konsep seperti hard disk/SSD eksternal yaitu dengan sekali bayar namun menurut saya Google Drive & Microsoft OneDrive lebih fleksibel dan didukung oleh banyak pihak ketiga.

Yang perlu menjadi perhatian buat teman-teman yang ingin menggunakan cloud storage dalam bekerja adalah keamanan datanya, untuk itu penting buat teman-teman semua untuk mengaktifkan two step verifitcation agar account kita mendapat proteksi tambahan.



Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto