PM Rusia Geber Mobil F1


RUSIA- Perdana Menteri Rusia, Vladimir Putin benar-benar luar biasa. Dia tidak hanya pernah mengendarai Harley Davidson, pesawat tempur,atau melintasi beberapa negara dengan city car buatan Rusia, Lada.

Kini ia membuat kejutan karena menjajal kecepatan mobil F1 Renault. Akhir pekan lalu, Putin langsung mencoba mobil F1 Renault di sebuah lokasi uji coba mobil di St Petersburgh. Hebatnya lagi, mobil F1 yang dia coba bukan mobil F1 tandem yang biasa sering digunakan oleh orang nonpembalap, melainkan mobil F1 asli.

Putin malah cukup percaya diri saat mencoba mobil tersebut, dia terlihat sangat mengerti saat beberapa teknisi menjelaskan bagaimana caranya membawa mobil tersebut. Adapun yang dia tanyakan hanya berapa jumlah gigi yang ada di mobil F1 Renault tersebut.

“Gigi mobil ini ada tujuh.Jika saat di gigi tiga atau empat, kecepatan Anda akan berkurang, transmisinya akan berubah otomatis. Namun, lebih baik jika Anda menurunkan kecepatan sendiri dengan manual,” jawab teknisi tersebut.

Hebatnya, Putin sangat cepat belajar.Dia dengan berani menekan pedal gas mobil tersebut hingga kecepatan tinggi yakni 240 kilometer per jam. Meski di saat-saat terakhir sempat melintir, keberanian Putin mengendarai mobil F1 patut dipuji.

Pertanyaannya, kenapa mobil yang dipilih Putin adalah mobil F1 milik Renault. Selidik punya selidik, ternyata di mobil F1 tersebut ada iklan mobil asal Rusia,AvtoVaz Lada. Nah, AvtoVaz sudah melakukan banyak kerja sama dengan Renault.

Selain melakukan riset bersama, Renault juga membagi beberapa konstruksi mobil mereka untuk digunakan dalam produksi mobil Lada. Selain itu, mobil F1 Renault yang berkompetisi di ajang F1 dikendarai oleh pembalap asal Rusia, Vitaly Petrov.Tidak heran jika Putin lebih memilih mengendarai mobil F1 Renault ketimbang mobil lainnya. (uky)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto