Menunggu Number Portability di Indonesia

Pernah bayangin ngga kalo kita bisa gonta-ganti operator hp tanpa perlu mengganti nomor? Ya itulah number portability. Di beberapa negara number portability sudah diimplementasikan sehingga jika ada pelanggan yang kurang puas terhadap layanan satu operator maka pelanggan tersebut dapat pindah ke operator lain dengan nomor tetap.
Salah satu faktor masyarakat di Indonesia malas ganti nomor telepon walaupun kualitas operatornya memburuk adalah nomor tersebut sudah diketahui oleh banyak orang seperti keluarga, teman, dan lain sebagainya. Sehingga membutuhkan waktu dan usaha lebih jika seseorang mengganti nomor teleponnya mulai dari memindahkan kontak ke nomor baru sampai memberi tahu kerabat tentang nomor baru yang akan digunakan.
Banyak faktor yang menghambat pengimplementasian number portability di Indonesia seperti regulasi dan keegoisan operator itu sendiri. Masih ingat program registrasi prabayar di Indonesia? Program ini boleh jadi terbilang gagal, apalagi harus memikirkan number portability. Masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh pemerintah.
Pernah mengalami sms sering pending, telepon sering terputus, atau internet yang cuma bengong? Ini akibat kebijakan operator yang mengadakan perang tarif murah sehingga kualitas jaringan operator menurun drastis, dengan number portability operator tergerak untuk meningkatkan kualitas jaringannya sehingga pelanggan akan memilih operator terbaik untuk kegiatan komunikasinya.
Kita berharap saja hal ini cepat diimplementasikan sehingga jika operator yang kita gunakan kualitasnya makin memburuk kita dapat mudah berganti operator dengan nomor tetap.
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto