Bogor Siapkan Lubang Kubur untuk Pemudik


VIVAnews - Dinas Cipta Karya (DCK) Kota Bogor, Jawa Barat tengah mempersiapkan lubang kuburan bagi para pemudik yang meninggal dunia karena kecelakaan saat mudik lebaran 2010. Lokasinya di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kayumanis, Tanah Sareal, Kota Bogor.

Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan, DCK Kota Bogor, Deni Sediawan mengatakan, antisipasi ini penting untuk membantu pemudik yang tidak memiliki keluarga atau jauh dari kampung halamannya.

"Jadi, korban kecelakaan yang tidak memiliki keluarga atau jauh dari sanak family, kami siap menyiapkan lubang kuburan di TPU Kayumanis," ungkapnya, kepada wartawan usai mengikuti rapat koordinasi operasi ketupat lodaya 2010 di Mapolresta Kota Bogor, Selasa 31 Agustus 2010.

Karena, menurutnya, TPU Kayumanis masih kosong sehingga sebagai salah satu alternatif bisa dimanfaatkan bagi para pemudik yang meninggal lantaran tidak memiliki keluarga di Bogor.

Namun, kata dia, untuk dapat menguburkan korban kecelakaan yang tewas, harus berdasarkan hasil persetujuan dari pihak Kepolisian Polres Kota Bogor dan Rumah Sakit Umum (RSU).

"Kalau tidak disetujui, tidak kami lakukan. Nanti malah kami dituntut oleh keluarganya. Sewaktu-waktu keluarganya menggunggat bagaimana, bisa repot dong," jelasnya.

Selain itu, DCK Kota Bogor juga menyiapkan delapan personel untuk membantu pemerintah saat mudik lebaran tahun ini.

Seperti diketahui, Dinas Cipta Karya adalah pelaksanaan Bidang Pekerjaan Umum Khususnya Bidang Keciptakaryaan merupakan Bidang yang mempunyai peran penting dan prioritas untuk jangka pendek dan jangka panjang.

Berdasarkan Peraturan Walikota Nomor 13 Tahun 2004 Dinas Tata Kota dan Pertamanan, Dinas Cipta Karya merupakan perangkat daerah sebagai unsur pelaksana teknis di bidang tata kota dan pertamanan, yang mempunyai tugas pokok melaksanakan kewenangan otonomi pemerintah. (umi) Ayatullah Humaeni | Bogor
• VIVAnews
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto