Ini Beneran Diskon Enggak, Sih?


JAKARTA, KOMPAS.com — Promosi diskon besar-besaran yang ditawarkan sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta sempat menimbulkan pertanyaan di benak masyarakat. Potongan harga hingga 80 persen, jika dipikirkan, maka memang sulit masuk di akal.

Pantauan Kompas.com, Senin (30/8/2010), diskon besar-besaran yang ditawarkan sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta antara 20 persen dan 80 persen. Belum lagi program Late Night Sale ketika potongan harga akan semakin besar diberikan untuk produk-produk tertentu.

Program Late Night Sale memang efektif untuk menarik minat masyarakat. Seperti pada program I Love Sale di Plaza Semanggi, Jakarta Selatan, Jumat (27/8/2010) hingga Sabtu (29/8/2010). Ribuan pengunjung terlihat menyerbu pusat perbelanjaan tersebut. Namun, tidak jarang warga yang mempertanyakan program diskon yang ditawarkan.

Harga satu potong jins ukuran dewasa, misalnya, sebelum dikenakan diskon 50 persen adalah Rp 299.000 dan jika dipotong 50 persen harga berkurang menjadi Rp 150.000.

"Di sini tulisannya diskon 50 persen, tapi setelah dipotong diskon kayaknya memang harga standar segitu," ujar Eva (23) yang sedang memilih-milih baju di pusat perbelanjaan Pejaten Village Mall, Jakarta Selatan.

Hal senada juga dilontarkan Brinett (33), pengunjung Plaza Kalibata. Menurutnya, harga sesudah diskon sebenarnya adalah harga standar untuk produk yang ditawarkan.

"Khawatirnya, sifat konsumerisme akan semakin menjadi jika promosi diskon yang jor-joran terus dilakukan," kata Asep (46), pengunjung salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta. Seolah, dengan adanya perang diskon tersebut, masyarakat tidak ingin ketinggalan momen diskon dan berlomba-lomba berburu barang-barang diskon.
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto