Tanggalkan ATI, AMD Lahirkan 'Bayi' Baru


Jakarta - Beredar kabar bahwa AMD telah menanggalkan ATI sebagai brand mitra bisnisnya. Buntut peristiwa itu, AMD pun langsung melahirkan 'bayi' baru.

Berdasar kabar yang dilansir detikINET dari hothardware, Selasa (31/8/2010), AMD memang tidak lagi menggunakan brand ATI dalam mengusung produknya. Kendati demikian, ditanggalkannya brand ATI untuk produk AMD takkan berpengaruh pada peredaran produk mereka di pasaran.

Perubahan ini bakal diimplementasikan pada akhir tahun 2010. Nantinya, nama ATI Eyefinity pun akan diubah menjadi AMD Eyefinity. Bahkan AMD segera 'melahirkan bayi' baru berupa prosesor berbasis Fusion pada kartu grafis generasi teranyarnya bernama AMD Radeon dan AMD FirePro.

Kedua grafis baru itu merupakan produk anyar, setelah AMD diprediksi menghadirkan AMD Ontario bagi netbook dan laptop pada kuartal IV 2010, serta AMD Liano pada 2011 mendatang.
Fusion sendiri adalah teknologi yang telah diperkenalkan AMD beberapa waktu lalu. Teknologi ini akan mengkombinasikan chip grafis dan CPU dalam sebuah silikon yang sama. AMD mengklaim hal ini dapat menghasilkan performa yang lebih cepat, serta tenaga yang lebih hemat.

Momentum Tepat

Kita ingat dahulu AMD meminang ATI pada tahun 2006. Saat itu ATI merupakan brand grafis yang sangat terkenal dalam melawan si kubu hijau Nvidia. Pasca akuisisi AMD terhadap ATI, si kubu merah terus bertumbuh menjadi lebih kuat.

Berdasar data terakhir yang dikeluarkan lembaga riset Mercury, AMD dikabarkan semakin menguasai ranah kartu grafis terpisah (discrette). Inilah momentum tepat bagi AMD untuk melepas brand ATI, dan menggunakan nama AMD secara tunggal. Kita lihat saja, apakah si kubu merah bakal terus menunjukan taringnya? ( fw / ash )
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto