Yogya-Solo Ditempuh 35 Menit, Mau?


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api berencana meningkatkan kecepatan maksimal kereta api pada ruas Yogyakarta-Solo dari 90 kilometer per jam menjadi 110 kilometer per jam. Hal ini untuk memangkas waktu tempuh Yogyakarta-Solo dari biasanya 55 menit menjadi sekitar 35 menit.

Saat ini, kami tengah menyiapkan pendukung teknisnya, terutama kesiapan jalur rel agar bisa dilalui dengan kecepatan 110 kilometer per jam.
-- Sugeng Winarno


Manajemen pusat PT KA telah menetapkan KA komuter Prambanan Ekspres (Prameks) jurusan Yogyakarta-Solo sebagai proyek rintisan peningkatan kecepatan KA ini. Rencananya, hal itu akan direalisasikan pada 28 September nanti saat peringatan hari jadi PT KA.

"Saat ini, kami tengah menyiapkan pendukung teknisnya, terutama kesiapan jalur rel agar bisa dilalui dengan kecepatan 110 kilometer per jam," kata Manajer Jalan, Rel, dan Jembatan PT KA Daerah Operasional VI Yogyakarta, Sugeng Winarno, Selasa (31/8/2010).

PT KA menilai kelayakan rel dari empat aspek, yakni angkatan, pertinggian, kelurusan, dan lebar rel menggunakan sensor elektronik dan sistem terkomputerisasi. Jika ada yang tidak sesuai dengan standar keselamatan, kenyamanan, dan kelayakan yang telah ditentukan, rel tersebut akan diperbaiki.

Saat ini volume penumpang Prameks mencapai 6.000 orang per hari. Jumlah itu meningkat menjadi sekitar 8.000 penumpang pada akhir pekan dan hari-hari libur.

Kepala Humas PT KA Daop VI Eko Budiyanto menambahkan, dengan terpangkasnya waktu tempuh itu, Eko mengatakan membuka kemungkinan frekuensi Prameks Yogya-Solo, yang saat ini mencapai sepuluh perjalanan per hari akan ditambah. "Namun, berapa penambahannya masih harus dihitung karena perlu mempertimbangkan kesiapan armada dan sumber daya lainnya," katanya.
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto