Bidik Mahasiswa, Apple Dekati Kampus di Indonesia


Yogyakarta - Sektor edukasi terutama perguruan tinggi dipandang sebagai lahan pemasaran yang 'gemuk' bagi produk-produk Apple. Untuk itu, eStore sebagai salah satu toko retail resmi Apple di Indonesia mulai fokus menggarap pasar ini, khususnya di Yogyakarta.

"Di Yogyakarta, 40 persen penjualan terjadi untuk kalangan pendidikan sedangkan sisanya baru konsumen umum," ucap Yuanita Agata, Marketing Communication eStore dalam acara pembukaan toko eStore di Saphir Square, Yogyakarta, Senin (27/9/2010).

Sebagai strategi 'menggoda' mahasiswa, eStore Yogyakarta pindah dari daerah Sagan ke Jogja IT Center, Saphir Square. Alasannya, lokasi Saphir Square dipandang lebih strategis dan mudah dijangkau mahasiswa berbagai universitas.

Strategi lain yang ditempuh eStore adalah memasuki langsung kampus-kampus di Yogyakarta. Salah satu yang disasar adalah Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. Di kampus ini, eStore bakal mendirikan Apple Campus Store.

"Kita melakukan pendekatan pada universitas yang dipandang potensial, salah satunya Universitas Islam Indonesia. Kebetulan mereka setuju untuk membangun infrastruktur kampus dengan teknologi Apple," tambah Yuanita.

UII dipandang sebagai salah satu universitas yang paling siap menerapkan teknologi Apple. Nantinya, para mahasiswa akan memakai gadget besutan Apple untuk menunjang aktivitas perkuliahan. Misalnya, download materi perkuliahan langsung dari iPod.

"Kampus-kampus lain di seluruh Indonesia sedang kami dekati untuk menerapkan teknologi Apple seperti itu," jelas Yuanita kepada detikINET. Di Yogyakarta, kampus lain yang dipadang siap adalah AMIKOM dan UGM.

Mengantisipasi produk Apple dianggap kemahalan, eStore melakukan jurus khusus. Mahasiswa bisa melakukan cicilan lewat berbagai bank untuk menebus gadget Apple. Ada pula diskon bagi mahasiswa beberapa universitas, cukup dengan menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa.
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto