Nokia Takkan Latah Bikin Tablet PC


LONDON, KOMPAS.com — Perusahaan ponsel yang masih menguasai pasar dunia, Nokia, tidak akan ikut-ikutan membuat tablet personal computer (PC) sebagaimana yang dilakukan Apple dengan produk andalan terbarunya, iPad. Nokia tetap berkonsentrasi di bisnis smartphone.

"Kami tidak akan latah dan ikut-ikutan membuat tablet PC, kami tetap fokus di smartphone," kata Georges Linardos, Vice President Product Nokia Media Group, menjawab pertanyaan wartawan Kompas Pepih Nugraha di forum Nokia World 2010 di London, Rabu ini.

Beberapa bulan lalu Apple sukses meluncurkan iPad, tablet PC yang full layar sentuh. Sukses iPad kemudian diikuti Toshiba dengan produk Smartpad, Lenovo dengan LePad, Dell, Samsung, dan beberapa produsen PC ataupun ponsel juga ikut-ikutan terjun ke tablet PC.

Linardos mengakui, Intel dengan sistem operasi MeeGo juga terjun membuat tablet PC mengikuti sukses iPad. Namun, Nokia tetap tidak akan membuat tablet PC. Linardos menjelaskan, Nokia tetap konsentrasi pada smartphone dengan sistem operasi Symbian.

Saat ini produk Nokia berplatform Symbian adalah N8, C6, C7, dan E7. Keempat smartphone tersebut juga dibahas dalam forum Nokia World 2010 meski sudah diluncurkan dan beredar di pasar beberapa negara sebelumnya.