Pertemanan Cara Baru ala Tri Via Chat dan Radio


JAKARTA - Untuk menarik pelanggan baru, serta mempertahankan pelanggan yang sudah diraih, Tri mencoba memberikan sesuatu yang berbeda. Kali ini dengan layanan nilai tambah, video chat dan radio.

"Layanan ini cukup pas untuk pelanggan Tri yang menggemari musik sekaligus mencari teman. Voice Chat adalah cara baru membangun jejaring pertemanan sementara Tri-Radio bisa menjadi pilihan baru menikmati musik," ujar Suresh Reddy Chief Commercial Officer Tri, dalam keterangan resminya, Minggu (26/9/2010).

Menurut Suresh, layanan ini sekaligus merupakan media baru bagi musisi Indonesia untuk mengembangkan karya mereka agar lebih dikenal oleh masyarakat.

"Lagu yang diputar pun asli dan hak cipta mereka terapresiasi dengan baik," ujar Suresh.

Tri-Radio merupakan layanan musik berbasis IVR (Interactive Voice Response) dari Tri yang memungkinkan pelanggan mendengarkan musik secara lengkap atau full track layaknya mendengarkan radio. Pelanggan cukup menghubungi 369 dan ikuti petunjuknya. Tarif layanan ini adalah Rp300/menit (belum termasuk PPN). Selain mendengarkan lagu layaknya radio, Tri-Radio memiliki fitur My Album yang memungkinkan pelanggan membuat album berisi kumpulan lagu favoritnya. Caranya mudah, tekan tombol * saat mendengarkan lagu yang dipilih atau digemari lalu pilih menu nomor 1 untuk menambahkan ke My Album. Semua lagu yang sudah terkumpul di My Album dapat didengarkan dengan cara menekan nomor 8 untuk masuk ke saluran My Album. Tri menyediakan lebih dari 2.000 lagu lokal maupun asing dari beragam kategori yaitu New Release, Top Hits, Pop, Rock, R&B, Dangdut dan Lagu Lawas. Jumlah lagu ini akan terus bertambah sesuai dengan perkembangan musik di pasar.

Sedangkan Voice chat merupakan layanan chatting berbasis layanan suara. Voice Chat memungkinkan pelanggan untuk berhubungan, ngobrol, dan berkenalan dengan banyak pihak namun dapat tetap merahasiakan identitas diri mereka masing masing, sehingga Voice Chat tetap berjalan selayaknya aktivitas chatting. Mekanisme layanan ini sangat mudah. Pelanggan cukup menghubungi nomor 121, lalu pelanggan akan dipandu oleh menu suara untuk cara akses beragam fitur layanan ini yang meliputi, ngobrol langsung (Direct Talk), mengirim dan mendengarkan pesan, mengirim lagu dari daftar lagu yang tersedia disertai pesan pribadi ke teman, merekam data profil dan menyimpannya, mendengarkan profil teman yang dipilih. Tersedia juga fitur Friend’s Corner dimana pelanggan dapat membuat daftar teman yang favorit atau menjadi pilihannya, juga dapat mengakses daftar fans teman dari daftar teman.

Pelanggan atau anggota baru Voice Chat tidak perlu kuatir tidak akan mendapatkan teman karena sistem secara otomatis akan mencarikan teman yang cocok dengan profil anggota baru tersebut lalu mengirimkan usulan teman melalui SMS. Lalu, si anggota baru dapat menghubungi teman yang diusulkan dengan cara menekan nomor yang tercantum di SMS usulan tersebut.

Layanan Voice Chat ini tetap aman dan nyaman untuk privasi pelanggan karena terdapat fitur Blocked Friend yang memungkinkan pelanggan untuk memblokir pengguna Voice Chat lainnya yang tidak diinginkan. Untuk berlangganan Voice Chat dan mengakses semua fiturnya dikenakan biaya Rp1.000/minggu dan Rp399/menit saat menghubungi 121. Menu utama dapat diakses kapanpun oleh pelanggan dengan menekan *. Untuk berhenti dari layanan, pelanggan dapat mengakses dari menu utama (*) kemudian ke menu pengaturan (tekan 6) dan pilih berhenti (tekan 4).

”Kami tidak akan berhenti berinovasi guna menghadirkan beragam pengalaman yang berbeda ketika berkomunikasi menggunakan Tri. Layanan Tri akan menjadi nilai tambah bagi pelanggan kami,” tutup Suresh.

Selama tiga tahun beroperasi, Tri telah menjangkau wilayah-wilayah penting di 24 provinsi dan lebih dari 3000 kecamatan di Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Kalimantan dan Sulawesi. (srn)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto