Riset Pew: Media AS Selalu Memuji Apple


WASHINGTON - Perusahaan milik Steve Jobs ternyata mendapatkan perhatian media cukup besar di AS. Bahkan kebanyakan berita yang terkait Apple selalu berkonotasi positif.

Menurut studi yang dilakukan Pew Research Center, seperti dikutip melalui Straits Times, Senin (27/9/2010), Apple menduduki posisi pertama untuk publikasi di media. Di ikuti oleh Google, Twitter, Facebook dan Microsoft.

Untuk mendapatkan hasil ini, Pew harus mendata berita-berita terkait teknologi sepanjang pertengahan Juni 2009 hingga Juni 2010. Studi tersebut melibatkan 52 media, termasuk 11 koran, tiga televisi kabel dan tiga buah channel jaringan berita, serta 12 situs dan 10 program radio.

15 persen dari artikel teknologi sepanjang periode tersebut kebanyakan melibatkan Apple, sedangkan 11 persen dari berita tersebut menyinggung Google, mesin pencari terbesar di dunia.

Situs mikroblogging Twitter menduduki posisi di bawah Google dengan presentase tujuh persen, diikuti oleh jejaring sosial terbesar di dunia, Facebook, dengan nilai lima persen. Sedangkan Microsoft sendiri berada di bawah Facebook dengan tiga persen.

"Setelah menjadi perusahaan teknologi terpenting dalam beberapa kurun terakhir, akhirnya perhatian media terhadap Microsoft mulai menurun," ujar pihak Pew.

Masih menurut Pew, sekira 40 persen artikel yang dipelajari menyebut Apple sebagai produsen produk yang inovatif dan berkualitas, sedangkan 17 persen menganggap produknya sangat keren.

Penilaian media terhadap Google pun sama positifnya. Studi tersebut menemukan jika 20 persen artikel menyebut produk Google juga inovatif dan superior. Sedangkan 25 persen lainnya menilai Google sebagai penjelajah web terbaik. (srn)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto