Seesmic Desktop 2, Tak Sekadar Twitter Client Biasa


Jakarta - Seesmic meluncurkan versi terbaru dari aplikasi desktop mereka, bernama Seesmic Desktop 2. Tak hanya berfungsi sebagai twitter client biasa, aplikasi tersebut datang dengan perubahan besar.

Bagi yang belum mengenal Seesmic, aplikasi ini dulunya merupakan twitter client biasa layaknya tweet deck atau echofon. Kini Seesmic telah meluncurkan versi beta Seesmic Desktop 2, yang juga bisa digunakan sebagai desktop client jejaring sosial lain seperti: Facebook, Linkedin, Buzz, Foursquare, serta Ping.fm.

"Inspirasi pengembangan Seesmic Desktop 2 ini datang dari kebutuhan pengguna, untuk memanfaatkan jejaring sosial berbeda, tak hanya Twitter saja," tulis keterangan dalam blog Seesmic, yang dikutip detikINET, Selasa (14/9/2010).

Nah, yang paling menarik dari Seesmic Desktop 2 adalah adanya plugin marketplace. Dalam marketplace ini ada sekitar 40 plugin yang diluncurkan, dan bakal terus bertambah dalam beberapa minggu mendatang.

Beberapa plugin yang telah tersedia diantaranya: Zappos, Salesforce, Topsy, Klout, Socialcast, MySpace, Formspring, OneRiot, SocialWok, YouTube, Google Reader, Techmeme, serta Ning.

Berdasar penjelasan blog Seesmic, aplikasi yang masih dalam tahapan beta ini berjalan lancar baik pada Windows maupun Mac OS X. Pengguna yang berminat dapat mengunduhnya pada link berikut, dengan memanfaatkan layanan Silverlight besutan Microsoft. ( fw / ash )