3 Bulan Lagi, XL Optimistis Rebut Posisi 2


JAKARTA - XL mengklaim pada akhir September lalu jumlah pelanggannya telah mencapai 38,5 juta.

Angka tersebut membuat perusahaan yang telah berumur 14 tahun ini cukup optimis untuk merebut posisi nomor dua di pasar telekomunikasi di Indonesia, setidaknya hingga akhir tahun 2010 ini.

"Data 30 September lalu pelanggan kami berjumlah 38,5 juta. Akhir tahun kami optimis mencapai angka 40 jutaan," ujar Direktur Utama XL, Hasnul Suhaimi di acara perayaan ulang tahun XL ke-14 di Jakarta, Jumat (8/10/2010).

Ditambahkan Direktur Keuangan XL, Wim Timmermans, perusahaan tidak terlalu mementingkan jumlah pelanggan karena angka tersebut dipastikan akan naik secara terus menerus. Yang jadi perhatian adalah nilai dari perusahaan itu sendiri.

"Menurut data, nilai perusahaan kami telah mencapai 46 triliun, sedangkan perusahaan yang saat ini menduduki posisi 2 hanya memiliki kapitalisasi pasar senilai kurang lebih 30 triliun," ujar Wim.

Pertumbuhan pendapatan XL pun ditargetkan akan mencapai 19 hingga 20 persen hingga akhir tahun ini, meski perusahaan berharap angka tersebut akan melebihi target yang diharapkan.

"Kontribusi terbesar tetap pada layanan suara. Data memberikan kontribusi pendapatan sekira 7 persen, sedangkan layanan value added service (VAS) mencapai 5 persen, dan 22 persen adalah kontribusi SMS. Sisanya kontribusi dari voice dan infrastruktur," papar Hasnul.

Untuk jumlah BTS, tepat di ulang tahun yang ke-14 ini XL telah meresmikan BTS yang ke 21.650 yang berada di kecamatan Pacet, Cianjur Jawa Barat. Sedangkan jumlah tower yang telah mereka bangun sebagai fondasi BTS mencapai 10.000 unit. Infrastruktur handal XL ini juga didukung oleh kabel serat optik yang memanjang dari Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Sulawesi, dan Kalimantan. Jika melalui satelit, jaringan XL meng-cover kepulauan Maluku, Nusa Tenggara Timur, dan Papua. (ugo)