Tango 12, Bola Resmi Piala Eropa 2012

KIEV, KOMPAS.com Bola yang akan digunakan di Piala Eropa 2012 nanti diperlihatkan kepada umum di Palace of Arts, Kiev, Ukraina, Jumat atau Sabtu (3/12/2011) dini hari WIB, sebelum pengundian tim. Bola buatan Adidas itu diberi nama Tango 12.

Tango 12 ditunjukkan oleh legenda olimpiade Ukraina, Serhiy Bubka. Bola ini mengingatkan nama yang sama sebelumnya, yakni Tango River Plate (Piala Dunia 1978) yang juga digunakan di Piala Eropa 1980, Tango Mundial (Piala Eropa 1984), dan Tango Europa (Piala Eropa 1988).

Tango 12 merupakan bola resmi dari Adidas yang ke-11 menggunakan desain klasik. Ada garis warna yang melambangkan warna bendera dua negara tuan rumah, Ukraina dan Polandia. Didesain sejak dua tahun terakhir, bola ini sudah dicoba oleh pemain tingkat kampung sampai pemain kelas dunia di delapan negara.

Pelatih timnas Spanyol, Vicente Del Bosque, mengomentari, "Banyak hal penting yang bisa membantu perkembangan pemain sepak bola dan salah satunya adalah kualitas bola."

Sementara Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol, Angel Maria Villar Llona, menambahkan, "Ini bola yang hebat. Namanya, Tango, juga sangat spesial. Ini seperti dansa sepasang kekasih dan memiliki hubungan hebat dengan sepak bola."

Putaran final Piala Eropa 2012 akan diikuti 16 negara yang dibagi dalam empat grup. Setiap peserta akan mendapatkan 30 bola Tango 12 mulai pekan depan untuk berlatih dan bertanding. Bola itu akan digunakan pertama kalinya pada pertandingan resmi saat tuan rumah Polandia melakukan pertandingan pembuka Piala Eropa 2012 pada 8 Juni 2012 nanti di Warsawa.
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto