Operator Galang Dana Wasior Via SMS


JAKARTA - Bencana banjir bandang di Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua pada Senin pagi 4 Oktober 2010 lalu hingga kini masih menyisakan penderitaan pada para korban. Operator telekomunikasi, XL Axiata akan menggalang dana bantuan dari para pelanggannya melalui program donasi SMS mulai 19 Oktober hingga 31 Desember 2010.

"Program ini bertujuan untuk membantu para korban bencana di Wasior dengan cara memfasilitasi pelanggan XL dalam menyalurkan donasinya," kata Head of Corporate Communication XL, Febriati Nadira dalam keterangannya, Jumat (22/10/2010).

Dengan hanya mengirimkan SMS, lanjut perempuan yang biasa disapa Ira itu, pelanggan sudah bisa ikut membantu dan meringan beban para korban.

"Dan dengan dukungan pelanggan sebanyak 38,5 juta, diharapkan melalui program ini bisa terhimpun dana masyarakat yang dapat meringankan beban penderitaan saudara-saudara kita di Wasior," tambah Ira.


Donasi melalui program SMS Donasi dapat dilakukan dengan mengirimkan SMS dengan format ketik PAPUA lalu kirim ke nomor 5000 (pulsa akan terpotong Rp 5000) atau kirim ke nomor 2000 (pulsa akan terpotong Rp 2000).

"Dana yang terkumpul seluruhnya akan disalurkan bagi korban atas nama pelanggan XL, melalui lembaga kemanusiaan mitra XL," kata Ira.

Seperti diketahui, banjir bandang yang datang secara tiba-tiba di Wasior telah merusak 8 kampung, termasuk pemukiman warga di dalamnya. Data dari Pemda TelukWondama menyebutkan, sedikitnya 150 orang meninggal, 123 orang hilang, 128 orang luka berat, dan 660 orang luka ringan. Kota Wasior hancur total, sehingga aktivitas masyarakat juga lumpuh sepenuhnya. Akses transportasi dari kota terdekat Manokwari hanya bisa melalui laut. Kini warga masih berada di pengungsian dengan kondisi yang serba kekurangan, baik bahan-bahan sembako, pakaian, penerangan, bahan bakar, obat-obatan, serta kebutuhan dasar lainnya. (ugo)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto