Dari Bush Pingsan Sampai Penembakan Reagan


VIVAnews - Insiden cederanya Presiden Amerika Serikat Barack Obama saat bermain basket mengingatkan media akan insiden-insiden yang menimpa para pendahulunya. Beberapa peristiwa sejenis bahkan dengan tingkatan lebih parah pernah dialami Presiden Amerika sebelum Obama.

Peristiwa yang dialami Obama sendiri terjadi di sela perayaan Thanksgiving di Fort McNair, gedung olahraga yang tak jauh dari Gedung Putih, Washington, Jumat 26 November 2010 pagi waktu setempat.

Obama terpaksa menerima 12 jahitan di bibir akibat terkena sikut saat bermain basket dengan kolega dan keluarganya. Penyikut Obama awalnya tidak dipublikasikan. Tetapi, juru bicara Gedung Putih Robert Gibbs akhirnya mengumumkan bahwa 'pelaku'nya Direktur Program untuk Kaukus Kongres Hispanik Institute, Rey Decerega.

Peristiwa-peristiwa sejenis pernah dialami beberapa pemimpin Amerika sebelumnya. Presiden George W Bush pernah tersedak makanan ringan pretzel. Bahkan sampai semaput dan disebutkan sesaat kehilangan kesadaran. Bush junior itu langsung terjatuh dan melukai bagian kepalanya.

Presiden Amerika sebelumnya, Bill Clinton harus menjalani operasi dan mengenakan alat bantu penopang selama berbulan-bulan. Luka dan operasi itu dilakukan setelah Clinton mengalami luka parah di bagian lutut. Clinton mengalami luka saat sedang berjalan-jalan dan bermain di rumah atlet golf profesional, Greg Norman, Florida.

Presiden Amerika berikutnya yang pernah mengalami insiden yakni George HW Bush, atau Bush senior. Bush senior terpaksa menjalani perawatan setelah detak jantungnya terdeteksi tidak normal usai jogging di Camp David. Hasil diagnosa menyebut Bush senior menderita penyakit kelenjar tiroid.

Bush senior juga pernah dilaporkan mengalami insiden lainnya saat sedang mengikuti jamuan makan malam kenegaraan di Tokyo, Jepang. Bush senior tiba-tiba ambruk. Saat itu, Gedung Putih disalahkan karena tidak menyampaikan informasi bahwa Bush senior punya penyakit flu usus.

Presiden lainnya, Jimmy Carter pernah jatuh pingsan saat sedang jogging di dekat Camp David. Ronald Reagan pernah melewati upaya percobaan pembunuhan pada 1981. Reagan ditembak di bagian dada hingga tembus. Nyawanya nyaris melayang.

Mantan Wakil Presiden Dick Cheney (69) memiliki lima serangan jantung sejak usia 37. Ia menjalani operasi tahun ini untuk 'menginstal' sebuah pompa untuk membantu kerja hatinya. Cheney mengaku mengalami gagal jantung kongestif. (Associated Press, umi)
• VIVAnews
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto