Seongnam Raja Asia


TOKYO, KOMPAS.com - Seongnam Ilhwa, menjadi raja sepak bola Asia. Klub Korea Selatan (Korsel) ini menjuarai Liga Champions Asia, setelah pada final di Stadion Nasional Tokyo, Jepang, Sabtu (14/11/2010), mereka mengalahkan klub Iran, Zob Ahan 3-1.

Ini gelar kedua yang pernah diraih Seongnam. Ini sukses besar bagi Pelatih Shin Tae-Yong. Dia juga pernah meraih gelar itu bersama Seongnam sebagai pemain pada 1995.

Meski Seongnam tampil menyerang, namun justru Zob Ahan yang mendapat peluang lebih dulu. Pada menit ke-24, Igor Castro melakukan tendangan ke gawang. Beruntung, kapten Seongnam, Sasa Ognenovski, mampu menghalau bola.

Ognenovski kemudian membawa Seongnam unggul lebih dulu pada menit ke-29. Jelang akhir babak pertama, Zob Ahan nyaris menyamakan kedudukan leat Hosseini. Namun, Jung Sung-Ryong mampu memmblok bola.

Pada menit ke-53, Seongnam menambah keunggulan. Cong Byung-Kuk dengan baik menanduk bola tendangan penjuru Mauricio Molina.

Zob Han beraksi. Mereka terus menekan untuk mengejar ketinggalan. Mohammad Khalatbari memberi harapan besar kepada timnya, setelah mencetak gol pada menit ke-67.

Namun, Zob Ahan kelewat berani bermain terbuka dan menyerang. Ini justru membuka ruang pertahanan mereka dan dimanfaatkan dengan baik oleh Seongnam. Pada menit ke-83, Kim Sheol-Ho mematenkan kemenangan Seongnam 3-1, setelah menyambar bola rebound hasil tendangan Molina
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto