Honeycomb Februari, Android 3.0 Mei


PEMBARUAN terhadap sistem operasi Android dilakukan Google dengan cepat. Pada saat spekulasi meluncurnya Android 3.0 pada Mei 2011 mendatang bergulir kencang, versi Android 2.4 berlabel Honeycomb dikabarkan dirilis lebih dulu dua bulan sebelumnya.

Honeycomb, yang disebut-sebut sebagai tablet- friendly, diperkirakan dirilis di Mobile World Congress, Februari 2011. Awal bulan ini, Andy Rubin, Vice President of Engineering Google, sudah menunjukkan kepada media mengenai tampilan Honeycomb pada prototipe tablet milik Motorola bersamaan dengan rilis resmi Gingerbread atau Android 2.3. Saat itu Rubin mengatakan, Honeycomb akan dioptimalkan untuk tablet dan smartphone.

Versi Android sebelumnya seperti Eclair, Froyo, bahkan Gingerbread memang belum tablet- ready sehingga belum dapat menjalankan aplikasi yang diunduh dari Android App Market secara maksimal. Rilis Honeycomb yang hanya lebih awal dari Android 3.0 membuat perhatian publik kini justru beralih pada sistem operasi paling baru itu.

"Android 3.0 akan menjadi sesuatu yang spesial," komentar Taylor Wimberly dari Android and Me. Honeycomb dan Android 3.0 saat ini memang masih sebatas rumor dan spekulasi.Tak heran jika kemudian JR Raphael dari PCWorld punya pendapat berbeda.

Ia justru menyebut bahwa Honeycomb adalah Android 3.0. Namun yang jelas, versi Android memang mendapat pembaruan setiap enam bulan sekali, menggunakan nama-nama makanan pencuci mulut. Froyo, yang diluncurkan awal 2010, mendapat tambahan fitur yang berfokus pada perusahaan seperti ID password dan remote wipe.

Sementara Gingerbread menambah fitur komunikasi seperti Near-Field Communications dan panggilan VoIP berbasis SIP. ComScore mencatat, market share Android yang berbasis Linux ini menempati posisi ketiga untuk kategori sistem operasi mobile di Amerika dengan raihan 24 persen.

Namun,untuk kategori tablet, saat ini Android masih harus menyerah kepada Apple iPad. Dengan dirilisnya Honeycomb, maka vendor seperti Samsung yang telah menjual Galaxy Tab sebanyak 1 juta unit dan manufaktur tablet lainnya bisa lebih memaksimalkan sistem operasi Android pada produk mereka. Dengan Honeycomb, dipastikan Android tablet dapat bersaing lebih baik lagi dengan iPad. Diprediksi, pada 2012, Android akan mencuri 39 persen di pasar tablet, mendekati dominasi iPad sebesar 44 persen. (Koran SI/ Danang Arradian) (srn)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto