My Micro Four Thirds Camera & Lenses V2.0


Pada postingan yang lalu gw pernah membahas tentang kamera dan lensa micro four thirds apa saja yang gw gunakan. Nah seiring berjalannya waktu gw akhirnya mengganti kamera dan menambah lensa sesuai kebutuhan gw. Nah postingan blog kali ini gw ingin berbagi tentang kamera dan lensa apa saja yang gw gunakan. Untuk alasan gw menggunakan kamera bersistem micro four thirds bisa klik disini. Oh yaa buat yang mau lihat hasil foto-foto gw bisa ke http://instagram.com/rizkyprawinto

1. Panasonic Lumix GX85
Kamera ini memiliki nama lain GX80 atau GX7 Mark II tergantung di negara mana kamera ini dijual, untuk Indonesia kamera ini bernama Lumix GX85. Gw menyukai kamera mirrorless berdesain rangefinder atau flat top seperti ini karena menurut gw simple dan tidak ada kesan serius sehingga saat kita ingin memotret orang diam-diam orang itu tidak akan terasa terintimidasi. Pada kisaran harga ini banyak orang yang menyarankan Sony A6000 namun entah kenapa sejak menggunakan Lumix GM1 gw yang lama, gw sudah sangat nyaman dengan interface kamera ini. Sony A6000 merupakan kamera yang bagus, kelebihan A6000 dibanding GX85 yaitu sensornya yang lebih besar sehingga dynamic range nya juga luas, autofocus yang cepat, EVF yang lebih baik namun ada beberapa kelebihan dari GX85 yang membuat gw memilih kamera ini yaitu layarnya sudah touchscreen sehingga lebih cepat dalam mengganti titik fokus, sudah ada 5 axis in body image stabilization plus mendukung dual IS apabila dipasangkan dengan lensa yang sesuai sehingga meminimalkan efek gambar blur, lalu hasil video yang menurut gw sangat baik ditambah sudah 4K, selain itu juga gw sudah memiliki lensa micro four thirds yang lain sehingga agak susah kalo harus ganti system lagi.





2. Panasonic Lumix 45 - 200mm
Ini lensa tele andalan gw saat akan memotret objek yang sangat jauh karena dengan sistem micro four thirds yang memiliki 2x crop factor full frame maka 45 - 200mm sama saja dengan 90 - 400mm pada full frame. Jarak sejauh itu bisa dilakukan oleh lensa tele sekecil ini jadi cukup portable saat membawa lensa ini kemana-mana.


3. Panasonic Lumix 14mm f2.5
Ini lensa gw beli karena kepincut dengan desainnya yang mungil dan dengan f2.5 hasil low light nya cukup baik. Lensa ini gw gunakan jika ingin merekam video vlog atau foto pemandangan karena hasil yang didapat oleh lensa ini cukup lebar.


4. Panasonic Lumix 12 - 32mm
Ini merupakan lensa kit yang didapat dari Lumix GX85, lensa ini saat ini jarang gw namun ada kelebihan lensa ini dibandingkan dengan lensa lain yang gw punya. Karena ini lensa generasi terbarunya Panasonic Lumix maka lensa ini sudah mendukung fitur Dual IS dimana antara 5 axis in body image stabilization pada kamera dan image stabilization di lensa dapat bekerja secara simultan sehingga efek shaky maupun blur dapat dikurangi. Lensa ini sih sebenarnya cocok untuk bikin video vlog yang banyak bergerak karena dengan Dual IS getaran itu akan jauh berkurang sehingga video yang ditampilkan nanti hasilnya bisa sangat halus.


5. Olympus 25mm f1.8
Nah ini merupakan lensa favorit gw saat memotret karena lensa ini hasilnya tajam dan efek bokeh yang ditampilkan juga baik. Pokoknya selama menggunakan lensa ini gw ngga pernah kecewa dengan hasil-hasilnya hehe. Jarak 25mm atau 50mm pada full frame menurut gw ideal karena tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat saat kita akan mengambil foto.


6. Olympus 45mm f1.8
Ini merupakan salah satu lensa favorit gw saat memotret foto model atau street photography. Hasil yang didapat cukup tajam dan efek bokeh yang ditampilkan juga baik. Namun dengan jarak 45mm atau 90mm pada full frame kita harus mengatur komposisi foto dengan baik saat digunakan untuk street photography.



Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto