China Kritik Sisi Gelap Apple


Beijing - Di balik gemerlap produk teknologinya, Apple dinilai memiliki sisi gelap. Laporan lembaga lingkungan di China menuding Apple tak bertanggungjawab terhadap kesehatan dan keselamatan para pekerja yang membuat gadgetnya.

Institute of Environmental and Public Affairs menganggap Apple tak tanggap memperhatikan kondisi pabrik komponen sehingga banyak karyawan sakit atau bunuh diri. Apple ditempatkan di posisi 29 dalam soal perhatian pada kondisi kerja, terendah di antara perusahaan multinasional lain di China.

'The Other Side of Apple', demikian tajuk laporan mengenai sisi lain Apple. Laporan ini dibuat setelah beberapa pekerja di pabrik komponen di China yang dikontrak Apple, menghabisi diri sendiri pada tahun 2010.

Dikutip detikINET dari DailyMail, Jumat (21/1/2011), kematian telah sering terjadi di Foxconn, salah satu kontraktor produk Apple. Bahkan konon, sampai ada petinggi agama disewa untuk mengenyahkan roh jahat yang dianggap membuat bunuh diri terjadi.

Di pabrikan komponen Apple lain, Wintek Corp, lusinan pekerja dilaporkan sakit karena terpapar bahan kimia kala bekerja. Namun Apple tidak kunjung merespon terhadap peristiwa-peristiwa tersebut.

Juru bicara Apple di China, Carolyn Wu, mengklaim pihaknya berkomitmen untuk memastikan standar tertinggi tanggung jawab sosial. Namun mereka tidak menanggapi laporan tersebut secara spesifik.

"Kelakuan Apple berbeda dibandingkan dengan merek besar lain dan terkesan sangat tidak tanggap," ucap Ma Jun, direktur di Institute of Public and Environmental Affairs, LSM terkenal di negeri Tirai Bambu. ( fyk / ash )
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto