Intel Tambah Investasi di Israel USD2,7 M


TEL AVIV - Produsen prosesor komputer Amerika Serikat (AS) Intel Corp akan menginvestasikan dana USD2,7 miliar lebih dalam dua tahun ke depan untuk meningkatkan kapasitas pabrik yang memproduksi chip generasi terbaru.

"Kami bersiap merekrut pekerja dan menjadwalkan produksi pada Desember tahun ini," kata General Manager Intel Israel Maxine Fassberg di Tel Aviv, seperti dikutip melalui AFP, Selasa (19/1/2011).

Produk Intel yang akan dibuat pabrik Kiryat Gat adalah prosesor komputer generasi terbaru dengan dimensi 22 nanometer, lebih kecil dibanding produk sebelumnya yang diproduksi di pabrik yang sama pada 2008 lalu. Saat itu, Intel membenamkan investasi sekitar USD3,5 miliar di pabrik kedua terbesar di luar AS itu.

Saat ini Intel Israel mempekerjakan 7.057 orang dan akan bertambah sekitar 1.000 pekerja lagi saat kapasitas produksi chip ditingkatkan akhir tahun ini.

"Jadi tidak ada penambahan pabrik baru. Ini hanya perluasan," kata Fassberg.

Tahun lalu ekspor Intel dari Israel turun menjadi hanya USD2,7 miliar di banding 2009 yang mencapai rekor USD3,4 miliar. Pengiriman terbanyan Intel dilakukan ke negara asalnya AS.

Sampai saat ini, Intel masih menjadi perusahaan swasta terbesar di Israel dengan dua pabrik dilengkapi empat pusat riset yang mendukung produksinya. Produk terbaru yang dirilis Intel awal bulan ini adalah microchip dengan kode nama Sangy Bridge. (srn)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto