Kenapa JK Tak Punya Juru Bicara?


JAKARTA - Mantan Wakil Presiden Jususf Kalla meraih penghargaan Charta Politika Award 2010 dalam kategori Lifetime Achievement Award.

Pria Bugis itu dianggap sebagai salah seorang tokoh yang memiliki kontribusi penting dalam perkembangan komunikasi politik dalam konstelasi politik di Indonesia.

Dalam sambutannya, JK menyampaikan pidato sambutan berisi arti penting sebuah kepemimpinan (leadership).

Dia mengatakan, inti terpenting dari sebuah filosofi kepemimpinan ialah bagaimana bisa mempengaruhi orang lain supaya bertindak yang tidak disukainya.

"Saya bisa mempengaruhi orang lewat media agar orang melakukan yang dia tidak sukai," ujar JK yang langsung disambut tepuk tangan riuh hadirin.

Dia kemudian mengenang bagaimana dirinya kala menjadi Wapres mendampingi SBY dalam meyakinkan kebijakan kontroversial mengenai kenaikan harga BBM saat dirinya menjabat.

"Saya kumpulkan orang dan bilang, mau negara bangkrut atau hanya menguntungkan orang yang punya mobil? Akhirnya mereka mengerti. Pemimpin harus berani mengerjakan yang tidak disukai orang, yang tidak populer," terangnya.

JK juga mengutarakan alasannya tidak menggunakan jasa juru bicara saat dirinya menjadi Wapres, tidak seperti yang dilakukan Wapres Boediono. Menurutnya, jurubicara terbaik adalah lisannya sendiri karena lebih efektif penyampaian maksud pesan yang diinginkannya.

"Juru bicara terbaik adalah diri kita sendiri. Kalau pakai juru bicara bisa salah tafsir. Kita ngomong apa saja, bukannya media suka yang terus terang?" pungkasnya.
(lam)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto