7 Perlengkapan Bayi "Tidak Wajib Beli"


SETELAH pada edisi lalu Mom&Kiddie memilih delapan item penting yang diperlukan ibu dan bayinya yang baru lahir. Kali ini, kami akan menyajikan beberapa benda yang tidak wajib dibeli untuk si kecil.

Memang, penting atau tidaknya akan menjadi sangat relatif. Tapi yang menjadi bahan pertimbangan adalah seberapa besar manfaat dan fungsi jangka panjangnya bagi bayi mungil Anda yang masih berusia di bawah tiga bulan ini.

Misalnya saja, untuk barang-barang seperti tempat tidur, keranjang (boks bayi dari kayu) "berayun", dan kereta bayi, sebenarnya tidak perlu membeli yang baru. Moms bisa tanyakan pada kerabat atau teman dekat, bila ada perlengkapan bayi yang bisa dipinjam. Bahkan kini sudah ada toko-toko yang menawarkan penyewaan barang kebutuhan bayi sesuai jangka waktu yang dibutuhkan.

Berikut tujuh benda tersebut:

Boks Bayi

Barang ini tidak terlalu dibutuhkan karena masa penggunaannya hanya sebentar (kurang lebih tiga bulan) sehingga Anda tidak perlu membeli baru. Sebagai langkah bijak, Anda bisa meminjam atau menyewanya.

Jaring Mandi

Jaring mandi ini berfungsi agar bayi tidak tergelincir saat dimandikan. Barang ini tidak terlalu penting karena yang harus diutamakan adalah teknik memandikannya. Untuk mencegah bayi tergelincir saat mandi, pegangi bayi seperti pada posisi menyusu.

Gunakan tangan kiri Anda untuk menyangga tubuhnya, kemudian kaitkan jari tangan kiri Anda di pangkal lengan kiri bayi. Posisi jari inilah yang "mengunci" bayi supaya tidak merosot.

Sterilizer dan Pemanas Botol

Sterilizer digunakan untuk mensteril botol susu dan peralatan makan yang digunakan bayi. Sedangkan pemanas botol berfungsi untuk menghangatkan susu yang akan diminum.

Fungsi sterilizer dapat diganti dengan cara merebus atau menyeduh peralatan makannya dengan air mendidih. Sedangkan memanaskan susu bisa dengan cara merendam botol yang berisi susu ke dalam gelas atau cangkir yang berisi air panas.

Baby Walker

Bayi Anda masih terlalu kecil, ia tidak perlu baby walker. Ya, baby walker sering dibeli orangtua sebagai sarana bagi si kecil untuk belajar berjalan setelah ia lebih besar. Akan tetapi, barang ini sesungguhnya tidak harus dibeli. Nanti, kalau sudah waktunya bayi untuk belajar jalan, tanpa baby walker pun bisa.

Baby walker hanya membuat anak seolah-olah menjadi cepat berjalan. Dengan baby walker, anak menjadi lebih mudah untuk bergerak, bahkan dengan kecepatan tinggi. Hal ini justru berbahaya bila tidak diawasi.

Stroller

Sama prinsipnya dengan boks bayi di mana stroller tidak terlalu berfungsi untuk bayi baru lahir. Ia lebih banyak berada di rumah dan berada dalam dekapan ibu alias digendong guna mendapat stimulasi dan bonding yang maksimal.

Gurita

Penggunaan gurita untuk bayi sudah tidak dianjurkan lagi oleh dokter karena gurita dapat menyebabkan si kecil menjadi sesak napas dan aliran darahnya terganggu.

Mainan

Menghujani bayi newborn dengan beragam mainan sebaiknya dihindari. Karena penginderaan si kecil masih sangat sensitif dan belum bekerja dengan sempurna. Secara visual ia belum dapat membedakan warna. Bahkan dilarang keras memutar mainan bersuara keras di dekat bayi newborn karena pendengarannya sangat sensitif.

Untuk menstimulasi, Anda dapat membuat sendiri mainan untuknya dari barang-barang sederhana yang ada di sekitar. Seperti kertas bergambar bentuk sederhana seperti bulat, kotak, serta warna hitam atau putih saja.
(Mom& Kiddie//nsa)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto