Apple iPad 2, Motorola Xoom, atau PlayBook?


VIVAnews - Sesuai perkiraan, era tablet PC terus berlanjut pada 2011. Geliat pasarnya yang menggairahkan, mendesak sejumlah produsen untuk menyiapkan "amunisi" perang. Tak terkecuali Apple, Research In Motion (RIM), dan Motorola.
Jika Anda sedang berancang-ancang untuk memiliki tablet, ada baiknya jika mencermati kemampuan sejumlah produk kunci: Apple iPad 2, Motorola Xoom, dan BlackBerry PlayBook.

Sebagaimana diketahui, tahun 2010 dikuasai oleh Apple iPad. Sejak kemunculannya pada Januari, popularitas iPad terus melejit. Bahkan, produk itu juga disebut-sebut sebagai inspirasi produk Samsung Galaxy Tab, pesaing kuatnya sepanjang tahun lalu.

Bagaimana dengan tahun ini? Apple kabarnya telah siap dengan iPad 2. Perusahaan berlogo buah apel tergigit itu mengirimkan undangan kepada kantor media dan berita, sekaligus memastikan bahwa iPad 2 akan muncul pada 2 Maret 2011.
Secara garis besar, produk Apple itu untuk menyempurnakan iPad generasi pertama, yakni dengan dual-camera, port USB, kartu slot SD, dan beberapa lainnya.

Selain Apple, ada Motorola yang sepertinya juga benar-benar mengincar pangsa pasar tablet PC, terutama di regional Amerika Utara dan Eropa. Diperkenalkan di sela ajang Consumer Electronics Association (CES) 2011, Nevada-Amerika Serikat, kabarnya Motorola Xoom sudah tersedia di beberapa negara Eropa dan Amerika Utara.

Satu lagi, produk yang benar-benar ditunggu banyak orang, BlackBerry PlayBook. Apa modalnya untuk bertahan dari persaingan ketat tablet PC?
Performa cepat dengan prosesor 1 GHz dual-core dan memori RAM sebesar 1 GB terasa cukup untuk menghadang iPad dan Xoom. Dual camera, masing-masing setingkat 3 megapiksel (depan) dan 5 megapiksel (belakang) menjadi diferensiasi khusus PlayBook di antara yang lain.

Berikut tabel perbandingan fitur dan spesifikasi antara Apple iPad 2, Motorola Xoom, dan BlackBerry PlayBook:
Perbandingan Tablet KomputerBlackBerry PlayBookApple iPad 2Motorola Xoom
BlackBerry PlaybookiPadMotorola Xoom
Prosesor1GHz dual-core processorGPU dual core 2GHz (rumor sampai 2 Maret 2011)1GHz NVIDIA Tegra 2 AP20H Dual Core processor
OSBlackBerry Tablet OS/QNXiOS 4.2 (rumor)Android v3.0 (Honeycomb)
LayarLCD 7-inci, WSVGA, multi-touch screenantara 7-inci & 5,6-inci (rumor)10,1-inci, TFT capacitive multi-touch screen, 16M colors
Resolusi1024x600 piksel768 x 1024 piksel (rumor)800 x 1280 piksel
Dimensi dan Berat13 x 19 x 1 cm
425 gram
- (belum diketahui)25 x 16 x 1,2 cm
730 gram
Memori1 GB RAM
64 GB storage
512MB1 GB RAM
16/32/64 GB storage
microSD up to 32 GB
Konektivitas 3GAda (harus melalui smartphone BlackBerry)HSDPA/HSUPAHSDPA 10,1 Mbps; HSUPA 5,76 Mbps
Wi-Fi & BluetoothAdaAdaAda
Kamera belakang5MP/HDAda (belum diketahui)/HD 5MP (2592 x 1944 piksel), autofocus, dual-LED flash
Kamera depan3MP/HDAda (belum diketahui)/HD2MP
GPSTidak AdaAda, A-GPS supportAda, A-GPS support
Flash VideoAdobe Flash 10.1AdaAdobe Flash 10.1
TeleponTidak adaTidak ada, namun mendukung 2 jaringan: GSM & CDMATidak ada
Kios AplikasiBlackBerry App WorldApple App StoreAndroid Market
 • VIVAnews
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto