Di Negeri 'Matahari Terbit' Android Mulai Bersinar


TOKYO - Kendati demam Android sudah melanda di seluruh dunia secara luas, namun tidak demikian dengan pasar Jepang. Awalnya Android kurang populer di Jepang.

Namun, berkat Samsung Galaxy S, jumlah pengguna Android di Negeri 'Matahari Terbit' itu mulai bersinar dengan peningkatan dari 435.000 pada bulan Juni tahun lalu menjadi 2,2 juta pada akhir tahun ini.

Namun menurut angka-angka dari comScore, selama periode waktu yang sama selama 6 bulan, pengguna iPhone di Jepang meningkat 2.56 juta sampai 3.79 juta. Hal ini membuat Android menutup kesenjangan dengan iPhone sekitar 540.000 pengguna dalam 6 bulan terakhir tahun lalu.

Dikutip Phone Arena, Senin (28/2/2011), Apple iPhone baru saja berhasil masuk ke 5 ponsel teratas di Jepang. Secara tradisional, negara tersebut lebih menyukai ponsel fitur ketimbang smartphone.

Meskipun jumlah pengguna smartphone di Jepang tumbuh pada tingkat 33,5 persen selama kuartal terakhir tahun 2010, yang membawa jumlah pengguna smartphone Jepang hingga hanya 6,9 persen yang berarti bahwa ada banyak ruang untuk kedua platform untuk membuat pangsanya di 2011.

Produsen ponsel top di Jepang sendiri adalah adalah Sharp dengan pangsa 18,8 persen. Menyusul Panasonic (16,6 persen), Fujitsu dengan sepotong 15,1 persen dari kue pasar. Kyocera adalah keempat dengan 12, persen, diikuti oleh Apple ddengan saham 12,2 persen.
(tyo)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto