iPhone, Saksi Bisu Peluncuran Pesawat Antariksa


INILAH.COM, Jakarta- Ini adalah rekaman video via ponsel paling spektakuler yang dilakukan penumpang penerbangan pada peluncuran pesawat antariksa Discovery. Seperti apa?

Saat pesawat paling sering menjelajah luar angkasa ini mengorbit untuk terakhir kali pada Kamis lalu, Neil Monday, 25, secara tidak sengaja berhasil merekam tampilan gambar secara langsung dengan smartphone iPhone miliknya.

Awalnya, pengembang software yang bekerja di University of Central Florida, Orlando, ini akan pulang ke rumah keluarganya di Richmond, Virginia, untuk menghadiri pernikahan saudara laki-lakinya. Namun penerbangan Monday tertunda selama dua jam.

Pada akhirnya, Monday tidak mengeluh karena ia mendapatkan kesempatan langka merekam peristiwa unik. Ia berhasil merekam peluncuran pesawat luar angkasa dari pesawat yang ia tumpangi.

Di video itu bahkan terdengar suara pihak kabin, “Penumpang, pesawat ulak-alik akan berada di sisi kanan pesawat sekarang. Siapapun yang berada di sisi kanan, dapat melihatnya.” Yang menarik, seseorang bahkan bercanda dengan bilang pesawat menjadi miring karena semua penumpang bergeser ke arah kanan.

"Saya punya kamera digital dengan kemampuan rekam yang baik, sayangnya baterai tidak mencukupi. Akhirnya, saya merekam gambar dengan iPhone,” kata Monday kepada Cosmic Log.

Pesawat Discovery diluncurkan dari Kennedy Space Center meskipun beberapa menit sebelumnya mengalami masalah pada komputer sehingga terpaksa tertunda selama dua menit 58 detik. Puluhan ribu orang menyaksikan bagian dari sejarah ini secara langsung di Florida.

Pesawat Discovery menuju Stasiun Antariksa Internasional dengan membawa enam astronot yang telah berpengalaman soal luar angkasa. Sebelumnya, peluncuran ini juga sempat tertunda empat bulan karena masalah bahan bakar.

Discovery merupakan pesawat tertua milik NASA dan akan dinonaktifkan tahun ini. [mor]
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto