MacBook Pro Baru dengan Fitur 'Thunderbolt'

CALIFORNIA - Apple hari ini mengumumkan refresh laptop MacBook Pro. Laptop ini akan hadir dengan prosesor lebih cepat, prosesor grafis lebih kuat, sebuah kamera HD dan sebuah port baru untuk teknologi yang Apple sebut Thunderbolt. 

Jajaran Pro baru terlihat sangat mirip dengan para pendahulu mereka. Masih ada ukuran dengan layar 13 inci, 15 inci dan model 17-inci, yang dibanderol dengan harga mulai dari USD1.199, USD1.799 dan USD2.499. Dari sisi desain, Apple masih menggunakan kaca aluminium unibody.

Untuk prosesornya Apple sudah menggunakan prosesor Intel baru, i5 Core dan Core i7, yang merupakan chip dual dan quad-core yang menjanjikan hingga dua kali kinerja chip ketimbang model sebelumnya. 

Salah satu fitur baru dari chip Intel adalah prosesor grafis yang terintegrasi. Namun dalam MacBook ukuran 15 inci dan MacBook Pro 17-inch, Apple menambahkan grafis dua kali lipat dengan menambahkan AMD Radeon discrete chip grafis. Model dengan kedua chip mulus dan secara otomatis beralih di antara dua prosesor.

Dilansir New York Times, Jumat (25/2/2011), ada juga kamera FaceTime baru, yang bisa streaming video dalam resolusi 720p dan menampilkannya dalam format layar lebar baru. 

Dari semua fitur itu, yang menarik adalah port Thunderbolt. Apple bekerjasama dengan Intel di proyek Peak Light untuk menciptakan data berkecepatan tinggi dengan tampilan baru dan port yang akan disesuaikan dengan standar koneksi yang ada.

Spesifikasi kinerja dari Thunderbolt mendukung 10 Gbps, AOS dua kali lebih cepat sebagai USB 3.0, 12 kali lebih cepat sebagai FireWire 800 dan 20 kali lebih cepat dibandingkan USB 2.0. Koneksi Thunderbolt dapat mentransfer film High Defintion dalam 30 detik. 
(tyo)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto