Posisi Duduk Tepat, Punggung Sehat


KOMPAS.com — Tahukah Anda dalam posisi duduk tekanan pada tulang punggung 40 persen lebih besar dibanding saat kita berdiri. Jika posisi duduk Anda tidak tepat punggung akan lebih menderita.

Tulang punggung termasuk dalam bagian tubuh yang bekerja keras setiap hari. Namun, kita sering tidak peduli. Bukti paling nyata adalah kebiasaan duduk dengan postur tubuh yang salah, cenderung membungkuk atau terlalu rileks.

Demi punggung Anda, biasakan untuk duduk dalam sudut 135 derajat. Posisi tersebut akan mengurangi tekanan pada dis di tulang punggung sehingga kemiringan bisa dicegah. Pastikan kursi Anda mendukung lengkungan yang tepat untuk punggung.

"Bagian punggung bawah harus disokong dan kepala lurus, tidak terlalu condong ke depan saat menatap layar monitor. Bangkit dan berjalanlah beberapa menit setiap jam," kata Todd Sinett, ahli chiropractic.

Peregangan ringan akan membantu menguatkan otot punggung. Ingatlah bahwa otot kita akan semakin lemah jika jarang digunakan. Lama-kelamaan tulang akan kehilangan pelumasnya dan kehilangan kelenturan. Dalam keadaan lemah dan kaku, otot punggung bisa mengalami kejang.
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto