Alasan Nintendo Tak Kepincut Buat Smartphone


NEW YORK - Konsol game Playstation Portable (PSP) melebarkan posisinya dengan kehadirannya di platrform smartphone. Kendati demikian, ini tak mengubah keinginan dari Nintendo untuk melakukan hal yang serupa.

Ya, Nintendo tidak berencana untuk membangun perangkat game dalam ponsel cerdas atau lisensi game untuk platform perangkat lunak pihak ketiga. Rraksasa video game asal Jepang itu menjamin akan terus berfokus pada mesin yang didedikasikan untuk hiburan.

"Kami tidak punya keinginan untuk masuk ke dalam perangkat ponsel," kata Presiden Nintendo Amerika Reggie Fils-Aime, seperti dilansir CNN, Minggu (3/4/2011).

"Kami percaya bahwa kami akan mendapatkan cara kami ke dalam saku seseorang tanpa harus menawarkan fitur telephon sebagai faktor tambahan," katanya.

Nintendo sebetulnya tidak sepenuhnya menolak ide ini, tetapi biaya tinggi yang terlibat dalam kemitraan operator seluler menjadi penghalang.


"Ini tidak berarti saya tidak tertarik," kata pejabat senior Nintendo Hediki Konno melalui penerjemah.



"Namun, saya melihat model bisnis, dan aku melihat begitu banyak biaya tambahan yang ikut bermain. Memisahkan pendapatan dengan operator sel akan mempengaruhi harga eceran permainan, tandasnya.
(tyo)