Ford Akan Produksi SUV Vertek di China


SHANGHAI - Bertempat di Shanghai Auto Show 2011, Ford Motor Company mengumumkan rencana mereka untuk memperkenalkan 15 kendaraan baru di China pada pertengahan dasawarsa ini.

Semua produk terbaru buatan produsen mobil asal Amerika tersebut nantinya diklaim memiliki kualitas yang tinggi, ramah lingkungan, aman, dan pintar.

“Shanghai Auto Show merupakan platform yang luar biasa untuk menampilkan teknolgi dan produk terbaru Ford kepada dealer dan pelanggan kami, dan tahun ini, kami akan menampilkan jenis teknologi dan kendaraan yang hemat energi yang direncanakan Ford untuk masa depan,” Joe Hinrichs, President, Ford Asia Pasifik dan Afrika, serta Chairman dan CEO, Ford China.


Salah satu mobil ramah lingkungan yang akan diluncurkan dan diproduksi di China adalah Ford Vertrek. Namun pada gelaran kali ini, Ford masih menampilkan sport utility vehicle (SUV) tersebut dalam bentuk konsep.

“Bersamaan dengan pertumbuhan cepat pasar SUV di China, kami sangat gembira membawa konsep Vertrek ke Shanghai pada tahun 2011. Kami rasa mobil konsep ini akan menarik banyak pengunjung pameran, penulis blog otomotif dan jurnalis karena banyak karakteristik rancangan yang canggih akan disertakan pada SUV generasi baru Ford yang akan diproduksi dan diluncurkan di China,” ujar Hinrichs menambahkan.


Vertek menggunakan mesin berteknologi terbaru EcoBoost berkapasitas 1.600 cc empat silinder segaris. Agar lebih hemat bahan bakar, Ford menambahkan fitur auto start-stop yang secara otomatis mematikan mesin saat pedal rem diinjak dalam waktu lama.

Produsen mobil asal Amerika tersebut mengklaim bahwa Sistem Auto-Start-Stop dapat mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi gas CO2 hingga 5 persen dalam kondisi mengemudi yang beragam.

Hebatnya, segera setelah pengemudi bersiap untuk berjalan, dengan teknologi start-stop secara halus dan seketika mesin akan mulai menyala, hanya diperlukan sekitar 0.3 detik untuk menyalakan mesin. Proses ini pun hampir tidak terdeteksi.

“Terdapat lebih banyak lagi inovasi dan rancangan canggih Ford yang dapat dilihat pada konsep Ford Vertrek yang melambangkan visi masa depan Ford atas SUV compact yang ramping, sporty dan bergaya,” tutup Hinrichs dalam keterangan resminya.


Namun, Ford belum memberikan keterangan tentang kepastian waktu mobil tersebut diproduksi, begitupun harganya.
(uky)