Kompas, Suratkabar Pertama Masuk BlackBerry PlayBook


JAKARTA, KOMPAS.com - Hanya berselang beberapa hari setelah BlackBerry PlayBook tersedia di pasaran sejak Selasa (19/4/2011), aplikasi Kompas Editor's Choice telah tersedia untuk tablet buatan Research In Motion (RIM) tersebut. Kompas Editor's Choice sebelumnya hanya tersedia untuk pengguna iPad. Aplikasi ini dikembangkan dengan solusi dari WoodWing, Belanda.

"Kompas kembali membuktikan menjadi yang terdepan dalam mengadopsi saluran media baru," kata John Fong, CEO Serious Technology, salah satu partner utama (Gold Authorized Solution Partner) WoodWing di Asia, dalam siaran persnya, Kamis (21/4/2011).

Untuk saat ini, Kompas baru akan menyediakan konten mingguan untuk PlayBook. Suplemen yang didesain khusus hanya untuk pengguna BlackBerry PlayBook itu diberi nama Jendela. Jendela menyajikan potret Tanah Air dengan beragam kebudayaan daerah melalui foto maupun video.

Dalam waktu dekat, akan disediakan konten harian seperti halnya di iPad. Aplikasi di BlackBerry PlayBook menyajikan kualitas penggarapan jurnalistik dalam bentuk berita maupun feature dan didukung ilutrasi, foto, dan video berkualitas tinggi seperti selama ini tersedia di iPad.

"Kami ingin memberikan pengalaman terbaik mengakses media di tablet kepada para pembaca, menggunakan platform apapun," kata Pemimpin Redaksi Kompas Rikard Bagun.

Kompas Editor's Choice merupakan salah satu aplikasi suratkabar pertama yang tersedia di BlackBerry PlayBook. Selain untuk Kompas, WoodWing juga mengembangkan aplikasi untuk manajah bisnis Fortune dari Time Inc dan majalah Car and Driver dari Hachette Filipacchi. Aplikasi-aplikasi tersebut sudah dapat diunduh langsung dari BlackBerry App World.