AT&T Resmi Masuki Pasar Telekomunikasi Indonesia

JAKARTA - AT&T perusahaan telekomunikasi yang melayani kawasan Amerika Serikat (AS) dan beberpa negara, melalui perusahaan patungan PT AT&T Global Network Services Indonesia (AT&T), telah memperoleh izin Operasional Sistem Komunikasi Data (Siskomdat).

Izin ini merupakan yang pertama diberikan pemerintah Indonesia kepada operator telekomunikasi asing. Saat ini AT&T menawarkan layanan Virtual Private Network (VPN) dan layanan data lainnya bagi perusahaan multinasional yang beroperasi di Indonesia melalui kerjasama dengan perusahaan Indonesia penyedia layanan berlisensi lokal. 

Selain itu izin  Siskomdat yang baru ini memungkinkan AT&T Indonesia untuk memberikan layanan konektivitas global serta business applications secara langsung.

“Hal ini menegaskan strategi kami menjadi pelopor di pasar yang baru dan sedang berkembang untuk mendukung pelanggan korporasi multinasional di manapun bisnis mereka berada,” kata Choo Hock Lye, General Manager AT&T ASEAN, melalui keterangan resminya, Rabu (8/6/2011).

Melalui izin yang baru ini, serta persetujuan dari pemerintah Indonesia, AT&T Indonesia berencana untuk melakukan beberapa penguatan pada portofolio layananannya, termasuk managed LAN, managed IP services dan managed application services.

AT&T telah menginvestasikan lebih dari USD4 miliar sejak 2006 dalam aplikasi, sistem dan jaringan internasional bagi bisnis untuk memberikan layanan yang kuat dan dengan tingkat keamanan tinggi secara konsisten di seluruh dunia kepada lebih dari 3,5 juta pelanggan bisnisnya. 

Jaringan AT&T menjangkau 99 persen ekonomi dunia, menyediakan layanan Multiprotocol Label Switching-based Internet Protocol ke 182 negara melalui 3800 simpul layanan. (tyo)