Saturday, June 11, 2011

Dell Luncurkan Streak Pro 10 di China Jum'at, 10 Juni 2011 - 13:15 wib


BEIJING - Alih-alih Amerika Serikat dan Eropa, Dell Inc memutuskan merilis tablet Android 10 inci anyarnya, Streak 10 Pro, di China tahun ini.

Dell Streak 10 Pro diharapkan bisa memikat "prosumer" China, atau konsumen yang benar-benar mengerti teknologi. Setidaknya, demikian pernyataan Presiden Dell untuk wilayah China dan Asia Selatan, Amit Midha, sebagaimana dikutip Reuters, Jumat (10/6/2011).

Keputusan Dell memilih China untuk meluncurkan tablet barunya itu menggambarkan pertumbuhan Negeri Tirai Bambu sebagai pasar yang sangat penting bagi perusahaan asal AS tersebut. Menurut Midha, penjualan Dell di China tercatat tumbuh 22 persen di kuartal pertama 2011.

"Saat ini kami menempati posisi dua di pasar komputer China. Selain itu kami melihat peningkatan signifikan untuk pengguna dari pelaku bisnis kecil maupun sedang, yang mengadopsi produk dengan mobilitas tinggi sebagai bagian dari rencana pengembangan perusahaan mereka," papar Midha.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama Dell memilih China untuk meluncurkan produk baru. Pada 2009 lalu, Dell mengumumkan rencananya merambah pasar smartphone di China sebelum akhirnya menuju Brasil.

Dengan merilis tablet Android di China, Dell berharap bisa memberikan lebih banyak waktu kepada para pengembang agar bisa mengembangkan aplikasi untuk perangkat mereka, menyusul keputusan pemerintah China memblokir sejumlah aplikasi Google. Ditambah lagi, Android Market juga belum bisa diakses di China.

Dell Streak Pro disinyalir bakal mengusung sistem operasi Android 3.1 dan menggunakan prosesor NVIDIA Tegra 2. GLBenchmark juga mengklaim tablet anyar ini memiliki resolusi layar 1280 x 752 piksel, alih-alih versi standar 1280 x 800 piksel.
(van)