IDC: Berkat Nokia Windows Phone Bisa Kalahkan iOS


JAKARTA - Windows Phone 7 akan mendapatkan keuntungan karena mendapatkan dukungan Nokia. Apalagi vendor tersebut mempunyai ruang lingkup, dan luasnya dalam pasar di mana Nokia secara historis memiliki akar yang sangat kuat.

Lembaga riset IDC memprediksi sampai Nokia mulai memperkenalkan smartphone Windows Phone 7 mereka pada tahun 2012, sistem operasi besutan Microsoft ini hanya akan mengambil pangsa pasar yang sangat kecil, walaupun rilis update Windows Phone 'Mango' dirilis, ini diprediksi tidak akan membantu banyak.

Dilansir melalui Cellular News, Jumat (10/6/2011), namun dengan asumsi bahwa transisi Nokia untuk Windows Phone akan berjalan lancar, OS ini diharapkan untuk mempertahankan peringkat nomor 2 dengan pangsa pasar lebih dari 20 persen pada tahun 2015.

Sampai saat ini iOS menduduki peringkat ketiga OS di tahun 2011 dan akan tetap menjadi kekuatan di pasar telepon smartphone selama beberapa tahun.

BlackBerry OS diharapkan dapat mempertahankan posisinya di posisi empat besar. Seperti iOS, OS BlackBerry akan mengalami penurunan pangsa pasar. (tyo)