Kalau Ingin Bahagia, Pindahlah ke Korut

PYONGYANG, KOMPAS.com — China menduduki peringkat pertama negara paling bahagia dalam indeks kebahagiaan global. Peringkat kedua diduduki Korea Utara. Asal tahu saja, peringkat itu dikeluarkan oleh negara yang dipimpin oleh Kim Jong Il itu.
Tolong kirim saya ke Amerika supaya saya bisa menderita juga.
Peringkat itu dibuat berdasarkan hasil riset oleh stasiun televisi Korut, Chosun Central Television. Respondennya warga Korut sendiri.
Hasilnya, China menjadi negara paling bahagia dengan poin sempurna, 100. Negara terbahagia kedua adalah Korut dengan 98 poin. Disusul secara berurutan Kuba, Iran, dan Venezuela.
Lalu bagaimana dengan Amerika Serikat? Salah satu musuh bebuyutan Korut itu menduduki peringkat 203. Artinya, termasuk dalam negara yang paling tidak bahagia. Korea Selatan juga tidak terlalu bahagia karena berdasarkan peringkat itu, Korsel berada di urutan ke-152.
Ketika peringkat itu ditampilkan dalam salah satu media online China, seorang pembaca memberi komentar, "Tolong kirim saya ke Amerika supaya saya bisa menderita juga." Asal tahu saja, peringkat itu dikeluarkan oleh negara yang dipimpin Kim Jong Il itu.