Kedatangan iCloud, Akhir dari MobileMe

SAN FRANCISCO - Apple secara resmi memperkenalkan layanan iCloud yang baru dalam acara WWDC 2011. Sayangnya kedatangan iCloud ini menjadikan akhir dari layanan MobileMe.

Indikasi ini terlihat saat Apple telah menunjukkan bahwa saat ini pelanggan MobileMe akan menerima perpanjangan secara gratis sampai tanggal 30 Juni 2012, dimana setelah tanggal tersebut layanan ini akan segera ditutup.

Dilansir melalui Apple Insider, Selasa (7/6/2011), Apple telah mengirimkan ke pelanggan MobileMe perihal pemberitahuan tentang ekstensi tanpa biaya tambahan bagi layanan mereka. Sebelumnya memang, produk MobileMe ini dibanderol dengan harga USD99.

Sebelumnya, CEO Apple Inc Steve Jobs dikabarkan 'mengamuk' ketika menghadiri rapat dengan sejumlah karyawan perusahaan, menyusul buruknya penilaian layanan penyimpanan online MobileMe.

Geram dengan situasi tersebut, Jobs kabarnya memanggil tim pengembang MobileMe dan memaki-maki mereka. Berdasarkan laporan Adam Lashinky dari Inside Apple, pertemuan itu diadakan di auditorium kampus Apple, yang biasanya menjadi venue acara peluncuran maupun demo produk.
 
"Kalian telah merusak reputasi Apple…Kalian seharusnya saling membenci karena membuat kecewa satu sama lain," demikian ketus Jobs.

MobileMe adalah layanan penyimpanan berbasis cloud yang memungkinkan pengguna perangkat Apple menyimpan gambar foto maupun video di tempat penyimpanan online, selain di perangkat yang mereka gunakan.

Apple memastikan bahwa layanan iCloud bersinkronisasi dengan iTunes. Setiap kali konsumen membeli lagu di iTunes, lagu itu akan diunggah melalui iCloud dan tersimpan di semua perangkat Apple milik mereka tanpa dikenakan tambahan biaya. Jobs mengatakan inilah kali pertama industri musik mempersilahkan konsumen melakukan sejumlah unduhan sekaligus tanpa harus membayar biaya ekstra.
 
Jobs juga mengumumkan layanan tambahan iTunes Match yang memungkinkan pengguna menyimpan lagu-lagu dari koleksi CD mereka di 'awan'. Layanan ini bakal melakukan scan ke seluruh library musik anda dan mencocokkan apakah lagu itu sudah pernah diunggah sebelumnya sehingga proses itu tidak berlangsung terlalu lama. (tyo)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto