Tuesday, November 1, 2011

Hendricus, Koki Indonesia yang Melayani Khadafi

PADANG - Siapa sangka koki pribadi mantan penguasa Libya Moammar Khadafi adalah Warga Negara Indonesia (WNI). Hendricus Yulianto, pria asal Kediri, Jawa Timur ini sempat memasak makanan kesukaan Khadafi sebelum dirinya tewas ditembak rakyatnya.

Sejak 2009 hingga 2011, Hendricus Yulianto bekerja sebagai koki pribadi Moammar Khadafi. Dirinya bertugas di Istana Kepresidenan Libya di Tripoli. Berbagai suka maupun duka telah dilaluinya selama dua tahun menjadi koki Khadafi.

Pengalaman panjang dalam dunia kuliner membuatnya diterima sebagai koki keluarga Khadafi. Sebelum di Libya, pria yang sudah 18 tahun berprofesi sebagai koki, Hendri sudah bekerja di restoran di Eropa dan Jepang.

Menurut pria yang akrab dipanggil Hendri ini, Khadafi suka sekali dengan pasta dan minyak zaitun. Tetapi, beberapa kali, Hendri juga menyajikan makanan Khas Indonesia seperti nasi goreng.

Selain itu, Hendri juga sering memasak makanan kesukaan dari mantan penguasa Libya selama 42 tahun tersebut. Makanan kesukaan Khadafi itu diberi nama Angel Hair.

Selama bekerja di Istana Khadafu, Hendri tidak diperbolehkan untuk melakukan komunikasi dengan keluarga dan pihak luar. Dirinya pun, tidak diperkenankan untuk menggunakan telepon seluler.

Tetapi menurut Hendri, pribadi Khadafi sangatlah ramah dan juga tugas. Pada kesehariannya, Hendri lebih banyak mengurus makanan untuk anak kelima Khadafi, Hanibal.

Selain banyaknya tekanan dalam pekerjaan, Hendri sendiri mengundurkan diri dari pekerjaannya sebagai koki pribadi Khadafi karena sering terjadi konflik yang bisa mengancam dirinya.

Kini, Hendri sudah kembali ke Indonesia dan bekerja sebagai kepala koki di Hotel Mercure di Kota Padang. Pria yang bercita-cita ingin mempunyai restoran sendiri ini, mengaku senang sudah bisa kembali ke Tanah Air dan berkomunikasi leluasanya dengan keluarganya di Kediri.
(Budi Sunandar/Sindo TV/faj)