Wednesday, May 15, 2013

Opini: BBM Lintas Platform



Sumber: http://www.fonearena.com/blog/69490/bbm-chat-goes-cross-platform-to-be-available-on-android-ios-alongside-bb10.html

                Pada ajang Blackberry Live 2013, Blackberry (dulu RIM) mengumumkan berbagai macam produk dan layanan baru namun diantara itu semua yang paling mengejutkan tentu pengumuman bahwa aplikasi BBM akan tersedia bagi pengguna iOS (minimal versi 6) dan Android (minimal versi Ice Cream Sandwich). Nah disini gw sebagai user yang lumayan update (gaya bangett hahaha) soal perkembangan IT cuma pengen sedikit beropini sih terhadap BBM lintas platform ini. Beberapa hal prediksi ini mungkin menurut gw bisa dijabarkan sebagai berikut:

·       Hal yang pertama menarik menurut gw adalah jika BBM yang dulu mati-matian dipertahankan hanya untuk Blackberry sekarang mulai dibuka untuk OS lain adalah BBM berarti akan bersaing dengan aplikasi messenger lain seperti Whatsapp, Line, KakaoTalk, WeChat dan lain sebagainya. Nilai plus khususnya bagi pengguna di Indonesia adalah para pengguna yang sudah terlanjur memiliki komunitas di BBM bisa mencoba gadget lain selain Blackberry jika ingin menggunakan BBM (dapat mengurangi ketergantungan terhadap dua gadget :p).

·     Nah yang kedua mungkin masalah konsistensi Blackberry ini sendiri terhadap aplikasi BBM lintas platform. Mungkin ngga banyak yang tahu jika dulu ada aplikasi BB Connect yang memungkinkan pengguna Symbian menikmati layanan push email ala Blackberry karena dulu sendiri ponsel Blackberry belum banyak yang menggunakan. Tapi perlahan tapi pasti aplikasi BB Connect ini sendiri “dibunuh” oleh RIM (saat itu masih bernama RIM) karena popularitas ponsel Blackberry sendiri saat itu sudah mulai menanjak. Jadi ada kemungkinan aplikasi BBM lintas platform ini suatu saat akan dihentikan dukungannya walaupun kemungkinannya kecil.

·   Hanya prediksi sih ini tapi kemungkinan Blackberry akan mengenakan biaya tambahan untuk menikmati layanan BBM lintas platform ini diluar paket internet kita (kemungkinan sih).

·       Tapi Blackberry masih punya kekuatan tersendiri menurut gw yaitu keyboard… yaa mungkin masih banyak pengguna yang masih merasa nyaman menggunakan keyboard fisik dibanding keyboard virtual. Apalagi keyboard khususnya seri high end memiliki peforma keyboard yang sangat nyaman menurut gw.

·       Selain keyboard, senjata Blackberry ada pada OS BB10 yang berbasis QNX (sudah lama dipakai di sistem GPS, pembangkit nuklir, dan pesawat militer). Jujur OS ini sebenarnya punya potensi karena jarang banget mengalami freeze hanya saja OS ini belum mendapatkan kepercayaan developer terkenal untuk membuat aplikasi populer bagi BB10.

Mungkin sekian prediksi sotoy gw hehe.. Sebagai catatan dulu game Sonic hanya eksklusif untuk Sega namun setelah Sega melisensikan game Sonic ke platform lain malah berakibat pada hilangnya console sega itu sendiri di pasaran. Mungkin kah suatu saat Blackberry hanya menjual layanannya saja? Hanya waktu yang tahu :)