Tips: Simpan & Akses Dokumenmu Dimana dan Kapan Saja

Sumber Gambar: http://www.nec.com/en/global/solutions/cloud/portfolio/storage.html
                Tiba-tiba pengen share ini karena banyak teman-teman gw suka kehilangan data baik itu data penting maupun data yang kurang penting. Mungkin beberapa teman-teman ada yang sudah mengatahui atau belum tahu sama sekali tentang cloud storage yang merupakan bagian dari cloud computing (komputasi awan). Nah sebelum gw lanjut mungkin gw kasih contoh sedikit bagaimana jika laptop atau gadget kita hilang atau rusak sementara ada data penting (seperti skripsi, dokumen pekerjaan dan lain sebagainya) yang kita butuhkan sementara kita belum sempat back up? Bagaimana jika kita sedang berlibur ke luar kota lalu tiba-tiba ada file yang perlu kita kirim ke klien sedangkan kita tidak membawa gadget maupun laptop kita sama sekali?

                Nah dari kasus diatas bisa kita selesaikan dengan solusi cloud storage ini. Pada kasus pertama kita bisa back up otomatis file di laptop maupun gadget kita ke “awan” dalam hal ini kita bisa akses file kita tersebut di web. Lalu pada kasus kedua kita bisa mencari warnet terdekat untuk mengirimkan file tersebut ke klien dengan terlebih dahulu membuka file kita di web secara cloud. Sederhananya file apapun yang kita buat, copy, hapus, edit akan otomatis tersinkronisasi ke laptop, smartphone, tabet, maupun web sehingga kita bisa mengakses file kita dimana saja dan kapan saja yaa serasa memiliki hard disk virtual.

                Ada banyak layanan cloud storage seperti Google Drive, Dropbox, Microsoft Skydrive, Amazon Cloud Drive, SugarSync, Box dan lain sebagainya. Disini gw ngga akan bahas semuanya tapi yang akan gw bahas dikit itu Dropbox dan Google Drive karena kebetulan layanan ini yang menurut gw cukup nyaman dan populer.

1.       Dropbox
Ini layanan cloud storage pertama yang pernah gw gunakan, layanan ini sendiri bisa diakses di http://dropbox.com dan aplikasinya dapat digunakan di Windows, Mac OS, Linux, iOS, Android, dan Blackberry (tidak menutup kemungkinan akan support OS yang lain). Untuk free storagenya disediakan 2 GB secara default namun bisa mendapatkan free storage lebih besar dengan referensi atau dengan mengaktifkan fitur tertentu. Sejak 2010 menggunakan layanan dropbox sih sangat memuaskan apalagi sekarang Dropbox banyak Third Party Apps nya kaya integrasi dengan Yahoo!, Facebook dan lain sebagainya. Selain itu juga banyak fitur lainnya yang bisa teman-teman coba.

     


2.       Google Drive
Nah begitu Google Drive pertama kali diluncurin tahun 2012 gw langsung mindahin semua file Dropbox gw ke Google Drive dengan alasan yang simple sih yaitu gw fans berat produk Google. Ternyata benar makin kesini Google Drive makin terintegrasi dengan layanan Google yang gw gunakan contohnya Gmail, dengan integrasi ini gw bisa mudah mengirimkan file berukuran besar via email dan banyak kemudahan lainnya. Google Drive sendiri bisa diakses di http://drive.google.com dengan kapasitas free storage 5 GB dan sudah support Windows, Mac OS, iOS dan Android (tidak menutup kemungkinan juga akan support OS yang lain). Tips aja buat pengguna Windows XP untuk menonaktifkan fitur “tampilkan ikon status sinkronisasi file” agar Google Drive dapat bejalan dengan mulus. Selain itu juga banyak fitu penting dan menarik yang bisa dicoba. Untuk lebih jelasnya dapat disimak video dibawah ini:





 Ya itu tadi beberapa layanan cloud storage yang cukup baik menurut gw tetapi jika teman-teman ingin mencoba layanan yang lain tidak masalah kok. Mungkin awalnya terdengar ribet namun lebih baik sedia payung sebelum hujan, karena banyak teman-teman gw yang kehilangan file skripsi, dokumen pekerjaan, dan arsip-arsip lainnya karena terkena virus, laptop rusak, sampai flash disk hilang. Semoga ini jadi solusi back up data penting kita otomatis yaa dan berguna buat teman-teman semua J.
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto