Sunday, March 22, 2015

Info: Datangnya Era Baru USB Type-C


Sumber gambar: http://appleinsider.com/articles/13/12/04/next-gen-usb-connector-a-reversible-challenge-to-apples-thunderbolt-lightning

Semakin majunya teknologi membuat hidup kita semakin mudah, cepat dan efisien. Begitu pula dengan generasi terbaru port USB yang kita kenal yang nantinya disebut USB Type-C.

Sebelumnya USB Type-C pertama kali disematkan diperangkat tablet Nokia N1 yang dijual terbatas hasil lisensi brand Nokia kepada Foxconn. Nah USB Type-C mendapat perhatian lebih ketika Apple meluncurkan all new Macbook 2015 yang hanya memiliki satu port yaitu USB Type-C untuk kebutuhan transfer data, charging, dan lainnya hanya dengan satu port USB Type-C ini. Selanjutnya Google pun telah meluncurkan Chromebook Pixel 2015 yang memiliki dua buah port USB Type-C.

Sebenarnya apa sih kelebihan USB Type-C ini? Nah berikut beberapa kelebihan dari USB Type-C:

  1. Ukuran yang lebih kecil dan tipis. Dengan ukuran yang semakin kecil dan tipis para produsen gadget dapat membuat ukuran gadgetnya menjadi lebih kecil, tipis dan ringan.
  2. Kecepatan transfer data Meningkat. Dengan kecepatan transfer data yang meningkat tentu kita dapat memindahkan file digital yang ukurannya semakin besar dengan lebih cepat. Contoh dalam mentransfer video berformat 4K.
  3. Reversible. Yaa dengan menggunakan USB Type-C ini kita dapat memasukkan perangkat kita ke USB Type-C secara bolak-balik mirip dengan port lightning nya Apple, Jadi sekali colok langsung connect :).
  4. One for all.USB yang berarti Universal Serial Bus memiliki arti kata universal. Jadi dengan USB Type-C kita dapat memiliki satu kabel USB Type-C untuk semua perangkat ke depannya seperti smartphone, tablet, notebook, kamera, portable media player dan lain sebagainya.

Hal menarik yang perlu diperhatikan adalah saat Apple mengganti port Magsafe pada Macbook dengan USB Type-C pada all new Macbook 2015 untuk keperluan charging. Biasanya Apple selalu eksklusif dalam menyematkan port interface untuk "berkomunikasi" dengan produk mereka tetapi tidak untuk all new Macbook 2015. 

Akan semakin menarik jika Apple menyematkan USB Type-C pada perangkat populer mereka seperti iPhone & iPad menggantikan port Lightning yang ada selama ini.

Selamat datang generasi baru USB Type-C :)