Thursday, September 3, 2015

Tips: Berbagai Layanan Cloud yang Membuat Hidup Lebih Mudah


Sumber gambar: http://netsavoir.com


Di jaman yang serba terkoneksi ini memungkinkan kita menyimpan bahkan mengkases data kita dimana saja dan kapan saja. Pernah mengalami saat kita menulis catatan di smartphone lalu saat smartphone kita hilang, kita ikut kehilangan catatan penting yang tersimpan di smartphone tersebut. Ada juga contoh saat kita ingin mengakses dokumen kita yang berada di komputer rumah tapi kita sedang berada diluar rumah. Atau saat kita ingin menyimpan foto dan video kenangan dengan storage yang tak terbatas. Semua hal itu bisa dilakukan dengan kemajuan teknologi saat ini yang berbasis cloud.

Kali ini gw mau memberikan sedikit rekomendasi layanan cloud yang gw gunakan selama ini sehingga semua data-data gw bisa diakses dimana saja dan tentunya aman. Layanan cloud yang gw gunakan harus bisa diakses diberbagai perangkat maupun melalui web, berikut rekomendasi layanan cloud yang selama ini gw gunakan berdasarkan kebutuhan:

1. Catatan
Sumber gambar: http://evernote.com
Untuk kategori catatan layanan yang gw gunakan selama ini adalah evernote yang bisa diakses di http://evernote.com atau cari di masing-masing toko aplikasi gadget kalian. Selama ini layanan evernote termasuk yang terbaik di kelasnya dan bisa diandalkan. Layanan yang sempat dibobol hacker beberapa waktu yang lalu ini sekarang juga meningkatkan keamanannya dengan enkripsi dan fitur two step verification. Untuk beberapa orang yang kurang cocok dengan layanan evernote bisa menggunakan layanan lain seperti microsoft onenote, google keep, simplenote dan lain sebagainya.




2. Foto dan Video


Sumber gambar: http://play.google.com

Untuk kategori foto dan video yang terbaik adalah google photos bisa diakses di http://photos.google.com atau bisa cari di masing-masing toko aplikasi gadget kalian. Google photos menawarkan pilihan untuk menyimpan foto dan video unlimited dengan sistem kompresi yang cukup bagus. Foto akan dikompresi maksimal 16 megapixel dan video akan menjadi 1080p (klik disini untuk mengetahui lebih jauh tentang google photos). Jika ingin mengupload foto tanpa kompresi kita bisa memilih pilihan tersebut walaupun tidak unlimited. Untuk layanan sejenis mungkin agak sulit karena google photos seperti membuat kategori baru layanan cloud khusus foto ini tapi yang paling mendekati adalah flickr atau apple photo.


3. Contact dan Calendar
Sumber gambar: http://netsavoir.com

Kategori ini sendiri sudah mutlak dimenangkan oleh duo layanan google yaitu google contact & google calendar yang bisa diakses melalui berbagai perangkat baik ios, android, windows phone, blackberry, web dan lain sebagainya. Untuk cara pengaturan menjadikan google contact & calendar menjadi default bisa klik di http://www.google.com/sync/index.html . Dengan layanan google ini potensi kehilangan kontak dan data kalendar dapat  diminimalisir karena data ada di cloud. Untuk berpindah dari perangkat lama ke perangkat baru pun mudah kita hanya perlu sign in dan data kontak dan kalendar akan langsung berpindah begitu juga saat kita akan menambahkan atau menghapus kontak akan otomatis terupdate disemua perangkan yang sign in dengan account kita. Untuk melakukan merge pada kontak yang kembar kita bisa akses di http://contacts.google.com. Untuk layanan sejenis kita bisa gunakan icloud maupun layanan dari yahoo.

4. Dokumen dan lainnya
Sumber gambar: http://engadget.com

Untuk kategori ini gw memilih layanan google drive yang bisa diakses di http://drive.google.com atau melalui toko aplikasi di perangkat kita. Gw sendiri menyimpan berbagai dokumen penting disini jadi saat gw butuh dokumen tersebut gw bisa akses dimana saja dan tentunya aman. Layanan sejenis yang bisa dicoba adalah microsoft onedrive, dropbox, box, icloud drive, dan lain sebagainya.




Itulah beberapa layanan cloud yang selama ini gw gunakan dan memudahkan dalam beraktifitas. Saat kita beralih ke cloud berarti sama saja menyerahkan hal-hal penting kita di internet oleh karena itu aspek keamanan harus sangat dijaga. Disarankan untuk menjaga password dan mengaktifkan two step verification agar data kita tidak hilang dan terproteksi dari ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Selamat beralih ke cloud! :)