Tuesday, November 17, 2015

Info: Akhirnya Refarming 4G 1800Mhz Selesai di Indonesia

Sumber gambar: http://detikinet.com

Setelah beberapa waktu lalu gw pernah ngeblog soal kehadiran 4G LTE di Indonesia yang masih menggunakan frekuensi 900Mhz. Tepat hari ini tanggal 17 November 2015 seluruh operator GSM nasional seperti Telkomsel, Indosat, XL, dan Tri (3) telah merampungkan proses refarming frekuensi di 1800Mhz.

Jika sebelumnya kita selama ini menggunakan jaringan 4G di 900Mhz yang relatif belum terlalu cepat dan perangkat yang mendukung frekuensi ini sangat terbatas nah dengan selesainya refarming 4G di 1800Mhz ini kita nantinya akan menikmati kecepatan 4G LTE yang lebih cepat dan perangkat 4G yang mendukung di 1800Mhz ini sangat banyak. Contoh sebelumnya kita tidak dapat menggunakan 4G LTE di iPhone 5 karena iPhone 5 sendiri tidak mendukung frekuensi 900Mhz nah dengan selesainya refarming di 1800Mhz ini nantinya perangkat seperti iPhone 5 dapat menikmati kecepatan akses data 4G LTE.

Refarming frekuensi ini merupakan buah kerja keras dan kerjasama antar operator di Indonesia sesuai dengan instruksi Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Refarming yang dimulai awal tahun 2015 ini mencakup 42 kluster dan dimulai di Indonesia bagian timur lalu selesai di Jakarta dengan pertimbangan traffic di Indonesia timur belum terlalu padat. Tanpa ada kerja sama dari berbagai pihak hal ini akan sulit untuk tercapai.

Hasil dari penataan frekuensi para operator yang tidak berdampingan dan setelah refarming menjadi seperti ini:

Semoga dengan segera hadirnya 4G LTE secara nasional akan meningkatkan pelayanan operator di Indonesia kepada masyarakat dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh berbagai elemen untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik :)