Info: Hal yang Perlu Diketahui Tentang 4G LTE di Indonesia

Sumber gambar: http://www.merdeka.com/teknologi/sinyal-dibukanya-izin-pengguna-4g-fdd-lte-di-indonesia-menguat.html

Setelah Telkomsel meluncurkan layanan 4G LTE selular komersial pertama di Indonesia (4G LTE Bolt tidak memiliki lisensi selular) maka kita bisa ucapkan selamat datang di era 4G!!!

Nah disini gw mau sedikit membahas tentang apa-apa saja yang perlu diperhatikan tentang penggunaan layanan 4G LTE di Indonesia. Perlu kita ketahui jika pemerintah membuka izin 4G LTE ini kedalam dua tahap, nah tahap pertama adalah implementasi 4G LTE di frekuensi 900 Mhz yang bisa dilakukan oleh Telkomsel (15 Mhz), Indosat (15 Mhz), dan XL (7,5 Mhz) di akhir 2014 ini karena mereka memiliki izin implementasi 4G LTE di 900 Mhz. Sedikit catatan ketersediaan gadget 4G di jaringan 900 Mhz lebih sedikit dibandingkan dengan gadget di jaringan 1800 Mhz yang lebih populer digunakan di negara lain, nah Indonesia akan menerapkan frekuensi 1800 Mhz pada tahap kedua implementasi 4G.

Jika jaringan frekuensi sudah bersih dan tidak ada interferensi maka dimulai tahap kedua implementasi 4G LTE yang akan dilakukan awal 2015. Pada tahap kedua ini operator mulai menggunakan frekuensi 1800 Mhz pada jaringan 4G LTE nya. Izin untuk penggunaan 4G LTE pada frekuensi 1800 Mhz sendiri diberikan kepada Telkomsel (22,5 Mhz), XL (22,5 Mhz), Indosat (20 Mhz) dan 3 (10 Mhz).

Hal-hal yang perlu diperhatikan jika kita ingin menggunakan layanan 4G LTE adalah:

  • Menukarkan SIM Card ke USIM Card di masing-masing operator. 4G LTE membutuhkan kapasitas kartu yang lebih besar, dalam hal ini USIM Card berkapasitas 128 K.
  • Jika ingin menggunakan layanan 4G LTE pada tahap pertama, pastikan  gadget kita mendukung frekuensi 900 Mhz.Bisa dicek lewat situs http://gsmarena.com
  • Sekedar info jika frekuensi 900 Mhz dapat menjangkau wilayah lebih luas dibandingkan frekuensi 1800 Mhz namun kelemahannya bandwidth yang bisa "diangkut" lebih kecil dibandingkan frekuensi 1800 Mhz. 
Nah itu beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kita ingin mencicipi layanan 4G LTE terutama di tahap pertama yang membutuhkan gadget di frekuensi 900 Mhz. Selamat menikmati layanan 4G :) 


Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto